Pemkot Kediri Ajak Warga Jaga Sumber Air dan Ekosistem

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 20 Jan 2021 17:40 WIB

Pemkot Kediri Ajak Warga Jaga Sumber Air dan Ekosistem

i

Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar saat menebarkan benih ikan di sumber mata air Kota Kediri. SP/Can

 

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Sejumlah lebih dari 2.000 ekor benih ikan ditebar oleh Pemkot Kediri melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri di dua lokasi sumber mata air yaitu Sumber Jiput dan Sumber Bulus, Rabu (20/01/2021). Acara yang dihadiri oleh Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar ini juga mengajak warga Kota Kediri untuk menjaga sumber air dan ekosistemnya. 

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri: Perlu Dukungan Seluruh Pihak untuk Mengimplementasikan Smart City

“Kami menebar 2.000-an ekor benih ikan supaya sumber-sumber itu tidak hanya menjadi sumber air tetapi bisa juga menjadi tempat wisata,” kata Mohamad Ridwan, Kepala DKPP. 

Ridwan juga mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga sumber air yang ada dan dilarang memancing di lokasi sumber agar ekosistem terjaga.

Ahmad Zubaidi, Ketua LPMK Rejomulyo mengatakan bahwa selama ini, ia mengelola sumber air bersama karang taruna, PKK, kelurahan, dan warga setempat. 

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Statistik Sektoral OPD, Pemkot Kediri Gelar Evaluasi dan Review

“Kami merasa terbantu dengan adanya pelepasan benih ikan, supaya sumber bisa jadi tempat wisata kalau ikannya banyak,” kata Ahmad. Rencananya ia dan tim akan membentuk Pokja untuk merawat dan mengelola Sumber Jiput supaya selalu terjaga baik ekosistemnya. Kini, menurutnya, kebutuhan mendesak adalah pembentukan petugas jaga untuk mencegah pencurian ikan. 

Selain komunitas masyarakat di atas, ada beberapa komunitas hobi yang juga bergerak untuk merawat sumber air. Salah satunya KMK (Komunitas Mancing Kediri).

“Teman-teman KMK di Sumber Jiput banyak berperan juga. KMK pernah menabur 10 ribu ekor benih ikan tawes. Selain itu juga merawat ikan di Sumber Jiput, memberi makan, dan menjaga dari ilegal fishing (setrum ikan ,obat ikan, dan bom ikan) dengan memasang banner edukasi anjuran dll.,” kata Bima Nuryawan, Ketua KMK. 

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Serahkan SK Pensiun ke 50 PNS Kota Kediri

Komunitas ini juga kerap memantau perkembangan ikan tiap waktu di beberapa sumber termasuk di Sumber Jiput. Selain itu, menurut Bima, KMK juga berkolaborasi dengan WWI (Wild Water Indonesia) regional Kediri untuk menebar benih ikan. 

Bima berharap, dengan adanya aktivitas KMK dan juga upaya Pemkot menebar benih ikan di sumber air ini bisa mengedukasi masyarakat untuk bisa melestarikan sumber air beserta ekosistem di dalamnya. Can

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU