Pemkot Madiun Gelar Acara Cangkrukan Bersama Warga

Kegiatan Cangkrukan Wali Kota Madiun Bersama Warga di Kelurahan Taman, Kota Madiun, Selasa (14/9/2021) malam.

SURABAYAPAGI.COM, Madiun - Kegiatan "Cangkrukan Wali Kota Madiun Bersama Warga" yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menjadi ajang untuk menyerap aspirasi masyarakat sekaligus memasifkan upaya "tracing" atau pelacakan dan vaksinasi guna penanganan kasus COVID-19 yang lebih maksimal.

Pada putaran pertama, Cangkrukan Wali Kota Madiun Bersama Warga digelar di Kelurahan Pandean pada Jumat (10/9) malam. Sedangkan kedua, digelar di Kelurahan Taman pada Selasa (14/9) malam.

"Malam ini kita cangkrukan. Malam ini kita sekaligus bisa vaksin beberapa lansia sekitar 100 orang. Sebelum vaksin COVID-19, kita tes antigen dulu dan hasilnya semua negatif," ujar Wali Kota Madiun Maidi saat kegiatan cangkrukan di Kelurahan Taman, Kota Madiun, Selasa (14/9/2021) malam.

Pihaknya membenarkan, selain menyerap aspirasi masyarakat, kegiatan Cangkrukan Wali Kota Madiun Bersama Warga menjadi wadah untuk memasifkan pelacakan dan pemberian vaksin. Hal itu sebagai wujud dukungan Pemkot Madiun kepada pemerintah terkait percepatan vaksin nasional sebagai upaya terbetuknya kekebalan kelompok dan menekan kasus konfirmasi COVID-19.

"Vaksinasi kita sudah capai 77 persen. Insyaallah, September ini bisa capai 80 persen," kata Maidi.

Ia menjelaskan kegiatan vaksinasi memang gencar dilakukan siang dan malam. Salah satunya, melalui giat Cangkrukan Bareng Wali Kota dan Shalat Isya berjamaah. 

Vaksinasi dengan sistem jemput bola tersebut dirasa cukup efektif. Setidaknya, ada sekitar seratusan warga yang dilakukan vaksinasi dalam sekali kegiatan.

Setelah kegiatan tes antigen dan vaksin selesai, agenda berlanjut dengan ngobrol bareng. Berbagai aspirasi diutarakan warga ke wali kotanya. Seperti soal penambahan lapak untuk berjualan pelaku UMKM, masalah usaha indekos, perbaikan trotoar, hingga masalah perekonomian lainnya sebagai imbas dari penerapan PPKM.