Pemkot Madiun Gelar Pelatihan dan Mitigasi Bencana

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Sep 2021 17:28 WIB

Pemkot Madiun Gelar Pelatihan dan Mitigasi Bencana

i

Wali Kota Madiun Maidi memimpin kegiatan apel pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana musim hujan di kawasan Embung Pilangbango, Kota Madiun, Jatim, Selasa (28/9/2021). 

SURABAYAPAGI.COM, Madiun - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun menggelar pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana di kawasan Embung Pilangbango dengan melibatkan 120 peserta dari masyarakat.

Pelatihan pencegahandan mitigasi bencana tersebut dilakukan untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap risiko terjadinya becana alam di wilayahnya saat musim hujan tiba.

Baca Juga: Meski Musim Hujan, Warga Surabaya Ngerasa Sumuk dan Mudah Berkeringat

"Bencana itu datang tidak disangka-sangka. Maka, tujuan kegiatan ini adalah untuk melatih warga agar lebih siap dalam menghadapi situasi bencana. Masyarakat harus siap biar ketergantungan dengan petugas semakin ditekan," ujar Wali Kota Maidi saat memimpin apel pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana di kawasan Embung Pilangbango, Kota Madiun, Selasa (28/9/2021).

Baca Juga: Musim Hujan Terus Menerus, Harga Buah-buahan Ikut Melonjak Naik

Melalui pelatihan tersebut, pihaknya ingin agar warga Kota Madiun tanggap dan sigap dalam menghadap bencana. Sehingga masyarakat bisa mengambil langkah penanggulangan bencana meski petugas belum datang ke lokasi bencana. Sehingga kerugian akibat bencana baik material maupun korban dapat ditekan.

Potensi bencana di Kota Madiun, kata Wali Kota Maidi, berada pada level sedang. Hal itu karena Kota Madiun dilintasi aliran Sungai Madiun yang merupakan anak sugai dari Bengawaan Solo, sehingga rawan banjir saat curah hujan tinggi. 

Utamanya di Kota Madiun wilayah timur. Wilayah itu merupakan langganan banjir. Yakni di Kelurahan Kelun, Rejomulyo, Tawangrejo, dan Pilangbango. Karenanya berbagai upaya penggangulangan dan mitigasi dilakukan untuk mencegah bencana.

Seperti pembangunan yang dilakukan Pemkot Madiun dengan berorientasi pada mitigasi bencana. Seperti pembangunan tangkis hingga pelebaran saluran air serta drainase sehingga lebih banyak menyerap air saat curah hujan tinggi.

Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan pengerukan sedimen sungai di sejumlah saluran-saluran. Dengan begitu, ketika debit air tinggi, aliran air bisa lancar.

Baca Juga: Intensitas Hujan Mulai, Sebagian Wilayah Lamongan Terjadi Hujan Es

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Kota Madiun Jariyanto mengatakan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 120 tengaga Linmas yang berasal dari empat kelurahan rawan bencana banjir. Masing-masing 30 orang dari Kelurahan Kelun, Rejomulyo, Tawangrejo, dan Pilangbango.

"Kegiatan ini untuk mengantisipasi bencana saat musim hujan yang segera berlangsung. Dengan adanya pelatihan ini masyarakat sudah siap ketika terjadi bencana. Utamanya masyarakat yang berada di lokasi rawan bencana," ungkap Jariyanto.

Adapun pelatihan yang diberikan meliputi "water rescue", vertikal rescue, dan pertolongan pertama ketika ada bencana. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Brimob, Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Madiun, dan PMI.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU