Pemkot Mojokerto Fasilitasi Uji Nutrisi Gratis Bagi Pengusaha Mamin Lokal

Fasilitasi uji nutrisi gratis bagi IKM makanan dan minuman lokal Kota Mojokerto

SURABAYA PAGI.COM, Mojokerto - Pemerintah Kota Mojokerto memberikan fasilitasi uji nutrisi bagi pelaku usaha makanan dan minuman (mamin) lokal Kota Mojokerto.

Fasilitasi uji laboratorium produk mamin secara gratis ini diutamakan bagi para pelaku usaha yang sudah memiliki NIB, NPWP, Tanda Daftar Merk dan tidak memiliki tanggungan dana bergulir.

"Kalau memenuhi kriteria tersebut silahkan daftar ke Kantor Dinas Koperasi,UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto," jelas Ani Wijaya, Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto, Senin (15/8/2022).

Ani menyebut, saat ini masih banyak pangan lokal yang belum di uji nutrisinya. Ini lantaran, Kota Mojokerto baru saja mencetak ribuan wirausaha baru makanan dan minuman melalui program 4P inkubasi wirausaha.

"Kota Mojokerto ini kan surganya produk makanan, baik itu cemilan ringan ataupun berat. Demikian juga dengan produk minuman, baik sirup maupun jamu-jamuan. Nah agar produk tersebut mendapat jaminan nutrisi gizi makanya perlu di uji laboratorium," ujarnya.

Ia mengatakan bagi produk pangan yang lolos uji nutrisi akan diberikan sertifikat dan label di kemasan produk tersebut.

"Sertifikat uji nutrisi ini dapat dijadikan sebagai jaminan, bahwa produk pangan tersebut aman dan menyehatkan untuk dikonsumsi," ujarnya. Menurut dia dengan adanya uji nutrisi ini dapat meningkatkan usaha kecil menengah yang berdaya saing di pasar lokal, nasional dan internasional.

"Bantuan uji nutrisi ini hanya diberikan kepada pelaku IKM yang belum mampu untuk melakukan uji nutrisi produk," ujarnya.

Ia berharap bagi pelaku IKM yang belum mampu melakukan uji nutrisi produk untuk mengajukan bantuan karena uji nutrisi ini cukup penting dalam meningkatkan usaha pangan lokal di daerah ini.

"Kami akan terus memfasilitasi pelaku usaha kecil untuk mendapatkan sertifikat uji nutrisi dan sertifikat halal," pungkasnya.

Sementara itu, sebelumnya Pemkot Mojokerto melalui Diskopukmperindag juga telah melakukan berbagai fasilitasi gratis lainnya, yang telah lulus yaitu 30 Ikrar Halal, 36 Merk dan tahap selanjutnya disediakan fasilitasi Merek bagi 50 IKM, halal bagi 50 IKM dan uji Nutrisi bagi 30 IKM. Dwi