Pemkot Mojokerto Gelar Lomba MTQ Hari Jadi Kota ke-104

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 12 Jun 2022 16:01 WIB

Pemkot Mojokerto Gelar Lomba MTQ Hari Jadi Kota ke-104

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Memperingati hari jadi ke-104 tahun, Kota Mojokerto bakal menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Beragam cabang lomba dalam festival Qur'ani tersebut rencananya akan diselenggarakan secara serentak pada 14 Juni 2022. Para peserta terdiri dari pelajar se-Kota Mojokerto, baik pada tingkat formal SD/MI - SMA/MA ataupun pondok pesantren.

Terdapat lima cabang lomba dengan lokasi penyelenggaraan berbeda. Antara lain yaitu lomba tilawah anak-anak di Masjid Baitun Nur Jl. Benteng Pancasila, lomba tilawah remaja di Masjid Al Ghufron Miji, lomba tartil di kantor Kemenag Kota Mojokerto, serta pidato remaja (MSQ) dan MHQ 1 juz tilawah di lingkungan kantor Pemkot Mojokerto.

Baca Juga: Tak Ada WFH, Pj Ali Kuncoro Tegaskan ASN Pemkot Mojokerto Kembali Kerja Usai Libur Lebaran

“Kami mengadakan lomba MTQ ini untuk semakin menumbuhkan kecintaan masyarakat Mojokerto, kepada Al Qur’an. Dengan bacaan yang indah, ini semoga bisa menarik siapa saja untuk mempelajari Al Qur’an,” ujar Iwandoko Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Jumat (10/6/2022).

Apabila melihat sejarah di zaman Rasulullah Muhammad SAW dulu, membaca Al Qur’an menjadi salah satu media dakwah sosok Nabi terakhir umat Islam tersebut. Nabi Muhammad SAW membaca kalam Allah tersebut dengan begitu indah, sehingga menjadi salah satu sebab awal para sahabat tertarik dengan Islam.

Baca Juga: Terbuka Untuk Umum, Open House Pj Wali Kota Ali Kuncoro Diserbu Warga

Selain itu, pelaksanaan ini juga sebagai ajang untuk mencari bibit unggul Kota Mojokerto. Sebagai informasi, festival MTQ juga dilombakan pada tingkat provinsi dan nasional. Setiap daerah diberikan kesempatan untuk menunjuk putra/putri daerah terbaiknya untuk berkompetisi dalam ajang tersebut.

“Ini juga sebagai salah satu penyaringan awal untuk persiapan MTQ Provinsi yang tahun depan akan digelar di Pasuruan,” ungkap Iwandoko saat diwawancarai langsung di kantornya.

Baca Juga: Ratusan WBP Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Idul Fitri

Dalam penyelenggaraan MTQ kali ini, Bagian Kesra bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Kementerian Agama Kota Mojokerto. Hingga kemarin jumlah peserta yang telah mendaftar sebanyak 225 pelajar. Berdasarkan jadwal, batas pendaftaran akan berakhir pada 12 Juni 2022. dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU