Pemkot Pasuruan Anggarkan 18M untuk Payung Madinah 2023

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 28 Nov 2022 16:07 WIB

Pemkot Pasuruan Anggarkan 18M untuk Payung Madinah 2023

i

Payung Madinah Kota Pasuruan.

Baca Juga: Polresta Pasuruan Bongkar Kasus Tindak Pidana Percobaan Pencurian Indomaret

SURABAYAPAGI.COM , Pasuruan -  Rencana pemerintah kota Pasuruan menambah enam buah payung Madinah pada tahun 2023 nanti dengan anggaran sebesar Rp 18 milyar mendapat sorotan sejumlah fraksi di DPRD Kota Pasuruan. Hal itu disampaikan dalam pandangan umum fraksi pada sidang Paripurna pembahasan RAPBD Kota Pasuruan Tahun 2023, Senin (28/11/22).
 
Beberapa fraksi meminta, sebelum menambah enam buah payung lagi tahun depan, pembangunan payung Madinah tahun 2022 yang saat ini sedang digarap, keberadaannya harus dikaji dan dievaluasi dampaknya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).
 
Pandangan Umum Fraksi PKS yang disampaikan Sabilal Rasyad dengan tegas meminta pada pemerintah agar anggaran penambahan payung Madinah di tahun 2023,  diikuti dengan kajian kegiatan payung 2022 terhadap dampak pada peningkatan PAD kota Pasuruan. Jika dampaknya tidak signifikan, maka penambahan payung di 2023 bisa dikaji ulang. Kecuali jika pemerintah kota Pasuruan bisa memperoleh bantuan keuangan kementrian atau sumber dana lainnya untuk pengadaan payung 2023 tersebut. 
 
Senada dengan PKS, Fraksi Amanat Pembangunan dalam pandangan umumnya menyatakan, enam buah Payung Madinah tahun 2022 dianggap sudah cukup untuk mendukung peningkatan wisata religi. Keberadaan enam buah payung Madinah yang sudah ada itu biar dapat dimanfaatkan dan dinikmati dahulu oleh masyarakat. Baru kemudian bisa di ketahui dampaknya terhadap PAD Kota Pasuruan.
 
"Sedangkan Anggaran payung Madinah 2023 sebesar Rp 18 milyar itu dapat dimanfaatkan untuk program- program lain berkaitan dengan pemberdayaan dan penguatan ekonomi masyarakat atau penekanan pengangguran yang semakin marak di Kota," ucap Aris Budi, saat menyampaikan Pandangan Umum Fraksi Amanat Pembangunan.
 
Pertanyaan tajam dilontarkan Fraksi Partai Golkar terkait  rencana penambahan 6 payung Madinah.
 
"Apakah penambahan enam buah payung lagi nantinya akan  efektif sebagai daya tarik wisata  untuk meningkatkan PAD Kota Pasuruan ? Sedangkan saat ini saja belum nampak hasilnya, dan biaya perawatan termasuk listrik, pegawai, dan sebagainya untuk mengoperasikan 12 payung akan menelan biaya hampir 1 Milyar. Mohon penjelasan dengan kajian data yang terukur !" ucap Sutirta. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU