Pemkot Pasuruan Berikan Bantuan Kepada UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 30 Sep 2022 16:34 WIB

Pemkot Pasuruan Berikan Bantuan Kepada UMKM

i

UMKM di Kota Pasuruan saat menerima bantuan

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi sektor yang paling terimbas deraan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Karena itu, Pemkot Pasuruan belum melepas kucuran bantuan untuk sektor UMKM.

Bahkan, meski kasus Covid-19 sudah sangat landai dan kondisi sudah jauh berbeda dengan dua tahun lalu, bantuan sektor UMKM tetap berjalan. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah mengatakan, dinasnya tetap mengucurkan bantuan untuk UMKM.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Karyono Segera Salurkan Bantuan 1.000 Baja Ringan ke Pulau Bawean

Mengapa? Sebab, imbas Covid-19 terhadap sektor perekonomian sangat tinggi. Pemulihannya tidak bisa seketika terjadi. Pemulihan ekonomi itu juga perlu proses. ”Bantuan ini juga sebagai bantalan ekonomi untuk kawan-kawan pelaku UMKM,” kata Yanuar, Jumat (30/9).

Pada 2022 ini, dinasnya tetap mengalokasikan anggaran untuk mengucurkan bantuan UMKM. Jumlah penerima sekitar 3.163. Yanuar menyebut, nilai bantuan setiap bulan sebesar Rp 200 ribu. Tapi, penyalurannya dilakukan bertahap.

Baca Juga: Fenomena ‘War Takjil’ Ramadhan Jadi Berkah dan Peluang UMKM Tingkatkan Penjualan

”Tiga bulan sekali penyaluran. Jadi, dalam setahun ini ada empat tahap penyaluran,” kata Yanuar.

Dengan begitu, setiap kali penyaluran pelaku UMKM mendapat bantuan total Rp 600 ribu. Sejauh ini, penyaluran bantuan UMKM sudah memasuki tahap ketiga. Pekan ini, penyaluran kembali dilakukan untuk ribuan penerima manfaat. Yakni, Juli, Agustus, dan September.

Baca Juga: Pasukan Tambahan Dikirim Bantu Penanganan Bencana di Bawean

”Tinggal sekali penyaluran yang rencananya dilakukan akhir tahun. Harapan kami agar bantuan ini bisa mempercepat pemulihan ekonomi,” pungkas nya. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU