Pemkot Pasuruan Bikin Rumah Hebat Disabilitas

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Mar 2023 16:45 WIB

Pemkot Pasuruan Bikin Rumah Hebat Disabilitas

i

Rumah hebat disabilitas kelurahan Krampyangan kecamatan Bugul kidul kota Pasuruan

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Pemkot Pasuruan mendirikan pusat kegiatan penyandang disabilitas. Tempat tersebut diharapkan dapat menampung semua kreativitas penyandang disabilitas.Kepala Dinas Sosial, Kokoh Arie Hidayat mengatakan, pusat kegiatan tersebut diberi nama Rumah Hebat Disabilitas.

Letaknya di bekas gedung telecenter, Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul, Kota Pasuruan.Kokoh menyebut, rumah hebat disabilitas itu didirikan untuk memfasilitasi kegiatan semua penyandang disabilitas di Kota Pasuruan.

Baca Juga: Wali Kota Pasuruan H Saifullah Survey Payung Madinah

”Jadi memfasilitasi semua penyandang disabilitas. Baik disabilitas secara fisik maupun disabilitas intelektual,” kata Kokoh, Jumat (24/03/2023).

Diharapkan, di pusat kegiatan tersebut, para penyandang disabilitas bisa menggelar berbagai pelatihan peningkatan kapasitas, baik dengan pemerintah maupun di luar pemerintah.

Rumah hebat disabilitas tersebut memang belum diresmikan, sebab dinilai masih perlu beberapa perbaikan gedung. Meski demikian, menurut Kokoh, sejumlah kegiatan penyandang disabilitas sudah digelar di sana.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Pasuruan Cek Gudang Logistik Pemilu

”Sudah dipakai pertemuan organisasi. Lalu kemarin juga ada pelatihan. Harapannya ke depan, misalnya, ada teman-teman yang bisa sablon. Di situ bisa dipakai untuk belajar bersama-sama,” imbuh Kokoh.

Sementara itu, Ketua Disabilitas Motor Indonesia (DMI) Kota Pasuruan, Muhammad Mabrur mengapresiasi pendirian rumah hebat disabilitas di Kota Pasuruan.

Baca Juga: E-parkir di Pasar Kebonagung Dihapus, Pedagang Sumringah

Selama ini memang belum ada pusat kegiatan untuk memfasilitasi penyandang disabilitas dari pemerintah. Ia berharap rumah hebat disabilitas tersebut dapat dioptimalkan untuk pemberdayaan disabilitas di Kota Pasuruan.

”Dari dulu kita memang pingin ada satu tempat untuk semua teman-teman disabilitas seperti Gerkatin, Pertuni, DMI, dan intelektual. Jadi untuk kemaslahatan dan berdayanya disabilitas di kota,” ujar Mabrur. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU