Pemkot Siapkan 9 Lahan Parkir di Jalan Tunjungan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 04 Nov 2021 19:56 WIB

Pemkot Siapkan 9 Lahan Parkir di Jalan Tunjungan

i

Pemkot Surabaya menyiapkan 9 tempat parkir di jalan Tunjungan.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Per 1 November kemarin, Pemkot Surabaya melarang parkir di jalan Tunjungan pada pukul 16.00-23.00 WIB.

"Mulai 1 November kemarin, kami sudah memasang rambu larangan parkir untuk jalan Tunjungan di pukul 16.00-23 WIB. Sosialisasi juga terus dilakukan," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat, Kamis (4/11/2021). 

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Untuk menampung kendaraan warga yang akan menuju jalan Tunjungan, Pemkot telah menyiapkan 9 titik lokasi kantong parkir. Lokasi ini tersebar di sejumlah kawasan di sekitar Jalan Tunjungan. 

Di antaranya, ada di Jalan Genteng Besar, Jalan Kenari, hingga sejumlah lahan parkir milik hotel di sekitar lokasi. "Kami sudah berkoordinasi dengan kawasan disitu, termasuk Dinas Pariwisata dan Kepolisian," katanya. 

Total, sembilan kantong parkir ini bisa menampung 5.000 roda dua dan sekitar 1.200 roda empat.

"Jumlah tersebut kami rasa cukup untuk pengunjung Jalan Tunjungan nantinya," katanya.

Sehingga, bagi pengunjung Jalan Tunjungan yang akan membawa kendaraan akan diarahkan ke titik parkir tersebut. "Saat ini, kami mulai pasang rambu tempat parkir," katanya. 

Ini juga berlaku bagi pegawai yang berkantor di Jalan Tunjungan. "Kalau berkantor di Jalan Tunjungan di atas pukul 16.00 WIB, kami arahkan ke kantong parkir yang kami siapkan," katanya. 

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

Diharapkan, rencana menghidupkan kembali jalan Tunjungan ini mendapat antusias pedagang maupun pengunjung. Para pedagang merupakan pelaku UMKM yang ada di Surabaya. 

Para pelaku UMKM akan memamerkan produknya di bahu Jalan yang selama ini menjadi lokasi parkir di Jalan Tunjungan. "Sedangkan pengunjung nantinya bisa jalan di trotoar," katanya. 

Pada kegiatan yang mulai dibuka 10 November tersebut, Jalan Tunjungan tetap dibuka bagi kendaraan. "Tiga lajur di Jalan Tunjungan tetap bisa dilalui kendaraan. Tidak kami tutup," katanya.

Oleh karenanya, pihaknya berharap masyarakat bisa menggunakan kendaraan umum untuk berangkat menuju Jalan Tunjungan. "Ada Suroboyo Bus yang tetap berangkat melalui Jalan Tunjungan," katanya. 

Baca Juga: Dampingi Siswa Inklusi, Guru di Surabaya Diberi Pembekalan

"Kami sangat mengapresiasi apabila pengunjung tidak menggunakan kendaraan pribadi. Ada sejumlah kendaraan umum yang akan melintas di Jalan Tunjungan," katanya. 

Untuk diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menyulap Jalan Tunjungan menjadi salah satu kawasan wisata untuk menggerakkan ekonomi masyarakat. Saat ini, kawasan ini tengah dipercantik dengan dengan mural.



 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU