Pemkot Surabaya Akan Berikan Beasiswa Kepada 16 Ribu Siswa dan Mahasiswa

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 15 Mar 2022 12:01 WIB

Pemkot Surabaya Akan Berikan Beasiswa Kepada 16 Ribu Siswa dan Mahasiswa

i

Pemkot akan berikan beasiswa bagi 16 ribu pelajar di Surabaya

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengklaim akan mencairkan dana beasiswa bagi pelajar SMA/SMK serta mahasiswa di tahun ini.

Adapun jumlah siswa dan mahasiswa yang akan mendapatkan dana bantuan tersebut adalah sebanyak 16 ribu orang.  Secara rincian kuota,  13 ribu diberikan kepada pelajar dan 3 ribu lainya menjadi jatah mahasiswa asal Surabaya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Segera Cairkan Gaji ke-13 Non ASN

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (DKKOP) Kota Surabaya Wiwiek Widayati, beasiswa bagi 16 ribu orang tersebut dikelola langsung oleh DKKOP melalui program beasiswa pemuda.

tak tanggung-tanggung, anggaran yang disediakan pemerintah melalui program beasiswa pemuda adalah sebanyak Rp47,7 miliar. 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi telah menginstruksikan untuk segera mencairkan tahun ini. Regulasinya akan dituangkan dalam Perwali. Saat ini dalam proses penyelesaian. Mudah-mudahan verifikasnya selesai di bulan Maret ini," kata Kepala DKKOP Kota Surabaya Wiwiek Widayati, Selasa (15/03/2021)

Guna mendapatkan beasiswa pemuda dari DKKOP, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi. Satu di antaranya adalah berprestasi, baik di bidang akademik atau non akademik. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Sediakan Pelayanan Kesehatan di Pustu-Posyandu

Beasiswa yang diberikan selain mencakup dana bantuan pendidikan, didalamnya juga termasuk seragam dan buku.

"Pencairan akan dilakukan setiap bulan," singkatnya

Kendati begitu, Surabaya pagi belum mendapatkan informasi yang pasti terkait berapa jumlah uang yang akan dicairkan dan diterima oleh siswa.  

Baca Juga: Pemkot Surabaya Bagikan 6 Ribu Paket Sembako Serentak di 31 Kecamatan

Namun bila menggunakan indikator Biaya Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) Provinsi Jawa Timur yang diberikan kepada siswa SMA/SMK maka kemungkinan besar jumlah beasiswa pemuda yang akan diterima siswa per bulan berada dikisaran Rp135-150 ribu.

Selain anggaran beasiswa Rp47,7 miliar, Pemkot Surabaya juga telah menganggarkan sekitar 22,34% atau tepatnya Rp 2.324.846.009.953 dari APBD 2022 untuk anggaran pendidikan. Karena rencananya, selain SMA/SMK, pemkot sebelumnya juga telah memberikan beasiswa kepada siswa SD dan SMP (sederajat). Ini menjadi salah satu strategi Pemkot untuk meningkatkan kualitas SDM di Surabaya. 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU