Pemkot Surabaya Kebut Pengerjaan Museum Olahraga

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 04 Nov 2020 19:24 WIB

Pemkot Surabaya Kebut Pengerjaan Museum Olahraga

i

Pengerjaan Museum Olahraga mulai dikebut di Komplek GOR Pancasila, Jalan Indragiri..SP/Byta Indrawati.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Pemerintah Kota Surabaya berupaya untuk mengebut pengerjaan pada beberapa bagian pada Museum Olahraga di Komplek GOR Pancasila, Jalan Indragiri.

Bangunan yang rencananya akan didedikasikan bagi para atlet berprestasi asal Kota Pahlawan akan segera diresmikan pada bulan November 2020 ini.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Surabaya, Iman Krestian mengatakan bila mengupayakan penyelesaian pengerjaan pada bulan ini.

"Kita upayakan bulan ini, karena pekerjaannya relatif minor tapi agak kompleks tapi lebih banyak butuh pemikiran aja sih untuk eksekusinya," katanya.

Iman kemudian mengungkapkan bila pihaknya masih berusaha melakukan tahapan finishing dan pencocokan antara barang-barang koleksi milik para atlet dengan tatanan ruang.

Lanjutnya, proses ini membutuhkan waktu sedikit lama, lantaran harus melakukan penyusunan pada narasi yang berisikan latar belakang dan cerita dari koleksi yang ditampilkan.

Selain itu juga pada zona-zona barang-barang yang di display, sesuai dengan cabang olahraga raga masing-masing.

"Konsep fixnya ini masih menyesuaikan koleksi yang ada. Kita masih mengatur zona-zonanya, kita pertimbangannya nanti ada Zona Badminton, ada Zona Basket, Zona Sepak Bola dan semacamnya," ungkapnya.

IMG_8128IMG_8128

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Sementara untuk perihal teks narasi barang-barang koleksi itu dikerjakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip). Pihak juga menggandeng konsultan desain untuk mengatur konten dan grafis di museum Olahraga Surabaya.

Sedangkan untuk barang koleksi, Iman menyebut jika sudah ada beberapa yang masuk, seperti seperti penghargaan sepatu emas, raket, hingga baju-baju dari para mantan atlet yang digunakan saat masih aktif sebagai pesohor dunia olahraga.

"Ini masih mengatur polanya nanti saat display seperti apa, agar menarik. Nah itu yang beragam, ada yang badminton kayaknya masih ada sekitar empat ya, ada raket dan ada beberapa baju dari beberapa atlet dari mbak Minarti dan Alan Budi Kusuma kalau gak salah ya," terangnya.

Iman tak menutup kemungkinan bila nantinya jumlah koleksi barang-barang yang dipamerkan akan terus bertambah. Oleh karena itu pihak terkait masih terus berupaya untuk terus melakukan penataan.

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

"Nah ini dalam perkembangannya museum ini koleksinya bertambah terus, jadi ini yang agak susah kita menyesuaikannya mangkanya butuh waktu," imbuhnya.

Barang-barang yang ditampilkan nantinya berasal dari para atlet yang mempunyai segudang prestasi di kanca internasional, seperti Olimpiade, Asian Games, dan Sea Games.

"Jadi ini macam-macam, ada medali dan semacamnya itu bisa banyak jadi," tandasnya. byt

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU