Pemkot Surabaya Terus Sosialisasi Donor Plasma Konvalesen

Plt Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana meninjau donor darah dan screening donor plasma konvalesen yang diadakan oleh PT. SIER Surabaya, Selasa (02/02/2021) siang. SP/Patrik Cahyo

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemkot Surabaya sedang gencar-gencarnya sosialisasi kepada penyintas COVID-19, terkait plasma konvalesen untuk didonorkan kepada para pasien yang terpapar penyakit Global tersebut.

"Kita terus menggalakkan gerakan donor plasma darah konvalesen ini,"  ungkap Plt Walikota Surabaya Whisnu Sakti Buana usai meninjau pelaksanaan donor darah dan screening donor plasma konvalesen yang diadakan oleh PT. SIER Surabaya, Selasa (02/02/2021) siang.

Whisnu menjelaskan, ketersediaan plasma konvalesen di Kota Surabaya dinilai masih tinggi.  Jumlahnya diperkirakan mencapai 4.000 bags.

Namun, hal tersebut tak akan mengendorkan upaya Pemkot Surabaya untuk terus menggalakan sosialisasi terkait donor plasma kepada masyarakat.

"Ayo tunjukkan keberanian untuk membantu warga dengan mendonorkan plasma konvalesen. Dengan gerakan ini, semakin masif agar Surabaya bisa lebih cepat memutus rantai penyebaran," tutur Whisnu.

"Itu masih butuh lebih banyak. Kalau ada 75 yang disiapkan. 50 persen rata-rata lolos skrining. Kami harapkan terus bergulir yang mau donor," tambahnya.

Disamping itu, Kapolrestabes Kota Surabaya Kombes. Pol. Jhonny Edison Isir mengatakan, kedatangannya ini untuk memberikan dukungan kepada para calon pendonor plasma konvalesen. 

"Ketika ada informasi seperti ini, saya diajak wali kota, mari coba lihat. Ini bagian dari dukungan moril, semangat. Artinya gebyar Februari Donor Plasma darah ini makin digencarkan," terangnya.

Dirinya berharap dari kegiatan ini bisa muncul sebuah sistem yang terintegrasi antara PMI, PERSI, IDI, dan Satgas Penanggulangan COVID-19. "Harapannya banyak yang sembuh, durasi warga yang dirawat di RS makin pendek, tingkat fatality rendah. Jika tuhan berkenan tidak ada lagi yang meninggal. Ini adalah ikhtiar dari semua kawan," ungkap Isir. 

Pada kesempatan tersebut, dirinya mengucapkan terimakasih kepada pihak PT SIER selaku penyelenggara donor darah dan screening plasma konvalesen.

Menurutnya, kegiatan menjadi bukti bahwa warga Surabaya memang memiliki jiwa pemberani dalam menghadapi segala bentuk kondisi krusial, seperti pandemi COVID-19 seperti saat ini. "Tetap semangat. Ini bukti kalau arek Surabaya wani. Surabaya sehat," tutupnya. mbi