Pemprov Jatim dan Pemkab Nganjuk Gelar Pasar Pangan Murah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Mar 2023 07:27 WIB

Pemprov Jatim dan Pemkab Nganjuk Gelar Pasar Pangan Murah

i

Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dalam kegiatan pasar pangan murah di lapangan GOR Soekarno, Begadung, Nganjuk, Rabu (15/3/2023). Foto: Pemkab Nganjuk.

SURABAYAPAGI.COM, Nganjuk - Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur (Jatim) berkolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk untuk menstabilkan pasokan dan harga pangan beras.

Salah satu bentuk upaya yang dilakukan yakni menggelar kegiatan pangan murah berkualitas di lapangan GOR Soekarno, Begadung, Nganjuk pada Rabu (15/3/2023). Adapun sejumlah komoditas bahan pokok yang dijual dengan harga murah dalam kegiatan pasar murah tersebut di antaranya beras, minyak goreng, gula, daging ayam, bawang merah, bawang putih, aneka makanan olahan hasil pertanian dan perikanan.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Plt Bupati Nganjuk H Marhaen Djumadi mengatakan, pihaknya mengapresiasi digelarnya kegiatan pangan murah berkualitas tersebut. Menurutnya, pasar pangan berkualitas tersebut merupakan upaya pemerintah dalam memudahkan masyarakat memperoleh bahan pangan pokok dengan harga yang terjangkau.

"Kegiatan ini bukan gratis, tetapi harganya lebih terjangkau dan murah dibanding harga di luaran," kata Marhaen.

Lebih lanjut, Marhaen menambahkan, kegiatan tersebut juga merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan harga pangan pokok di tingkat konsumen. Sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga terjangkau.

"Seperti yang sudah kita lakukan pada Februari lalu, yakni operasi pasar. Karena itulah stabilitas harga pangan menjadi salah satu prioritas pemerintah. Mengingat sebentar lagi Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri," ujarnya.

Baca Juga: Khofifah dan Pj Wali Kota Ali Kuncoro Serahkan Santunan 500 Anak Yatim se-Kota Mojokerto

Maka dari itu, ia berharap dengan adanya kegiatan seperti itu mampu memulihkan perekonomian masyarakat dengan seruan "Bangga Produk Nganjuk".

"Artinya, mari kita beli produk Nganjuk. Seperti kita beli beras asli produk Nganjuk, sehingga perekonomian di Kabupaten Nganjuk bisa lebih sejahtera," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Nganjuk Yusuf Satrio Wibowo menyampaikan, sebagai Tim TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Nganjuk, pihaknya berupaya untuk menjaga dan mengendalikan ketersedian dan harga pangan di wilayah Nganjuk.

Baca Juga: Ungguli Surabaya, Kota Mojokerto Sabet Juara II Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Jatim

"Apalagi pangan yang disajikan dalam gelar pangan murah ini merupakan pangan yang bergizi sesuai ketentuan pemerintah pusat yakni pangan aman, bergizi dan berkualitas sehingga sekaligus sebagai penyedia makanan sehat bagi masyarakat," ujar Yusuf.

Di samping itu, Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim Pudjiati Ningsih menyebut, kegiatan pangan murah tersebut merupakan program prioritas Gubernur Jatim.

"Dan ini sebagai upaya untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan pokok, sehingga bisa membantu masyarakat Nganjuk dalam mengaksesbilitas pasokan bahan pangan dengan harga yang murah," ucap Pudjiati. ngn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU