Pemprov Jatim Terima Bantuan untuk Gempa Malang dari Jateng

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 18 Apr 2021 12:47 WIB

Pemprov Jatim Terima Bantuan untuk Gempa Malang dari Jateng

i

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa  menerima langsung bantuan tersebut di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (17/4/2021). SP/KOMINFO JATIM

SURABAYAPAGI,Surabaya -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) menerima bantuan dari Pemprov Jawa tengah berupa logistik dan uang tunai sebesar Rp250 juta untuk disalurkan kepada korban terdampak bencana gempa Malang. Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa  menerima langsung bantuan tersebut di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (17/4/2021). 

Bantuan itu terdiri dari sarden sebanyak 1.000 kaleng, 325 dus mie instan, 10 karton pembalut wanita, 20 karton popok bayi, 7 kodi sarung, 40 dus popok bayi, dan 30 dus popok dewasa. Termasuk menerjunkan tim relawan ke lokasi bencana.

Baca Juga: Pemprov Jatim Buka Rekrutmen CASN, 5.200 Formasi

“Kami ucapkan terima kasih atas bantuan tim relawan dan logistik dari Gubernur Ganjar kepada korban terdampak di tiga kabupaten di Jawa Timur. Saat ini kami tengah melakukan rekonstruksi di daerah tersebut,” kata Khofifah.  

Dia menambahkan, saat ini masih proses validasi data jumlah bangunan rusak. Ini supaya proses rekonstruksi pasca tanggap darurat bisa dipercepat.

5a35d222cac89f71ded32f0872e4eb535a35d222cac89f71ded32f0872e4eb53

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Di lokasi bencana, kata dia, tim relawan masih sangat terbatas. Bahkan pada beberapa titik, excavator tidak bisa menembus area terdampak. “Sehingga kesulitan membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan. Namun bantuan relawan telah memberi semangat baru,” katanya. 

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, Heru Tjahjono memastikan, bantuan dari Pemprov Jateng tersebut akan langsung dikirim saat ini juga.

“Bantuan akan segera kita kirim ke posko masing-masing. Kita lihat ada dua daerah yang terdampak paling berat yaitu Lumajang dan Malang," kata Heru. 

Baca Juga: Khofifah dan Pj Wali Kota Ali Kuncoro Serahkan Santunan 500 Anak Yatim se-Kota Mojokerto

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Palang Merah Indonesia (PMI) Jateng, Sarwa Pramana mengatakan, pihaknya mewakili Gubernur Ganjar Pranowo membawa rombongan PMI Jateng dan memberikan bantuan senilai sekitar Rp549 juta dalam bentuk uang tunai dan logistik.

Termasuk beberapa produk lokal Jateng seperti telur asin Brebes. "Khusus untuk sayur sudah saya turunkan ke lokasi tadi malam karena takut cepat rusak," katanya. na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU