Pemudik Via Kapal Laut Diprediksi Capai 1,4 Juta, Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal

Penumpang kapal laut saat melakukan pemeriksaan dokumen di Terminal GSN Tanjung Perak Surabaya/ Foto: Sem

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Volume arus mudik lebaran tahun 2022 yang menggunakan transportasi laut secara nasional diperkirakan mencapai 1,4 juta penumpang atau melonjak 234 persen dari tahun 2021.

Angka ini merupakan hasil survei dari Badan Litbang Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tentang prediksi jumlah pemudik via kapal laut pada masa mudik Idul Fitri 1443 H/2022.

Sementara secara lokal, jumlah arus pemudik yang menggunakan kapal laut khusus wilayah Surabaya diperkirakan naik 28 persen dari tahun sebelumnya. Jumlah ini berdasarkan data dari Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak.

Guna mengantisipasi adanya lonjakan tersebut, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 3 melakukan sejumlah langkah preventif. Salah satunya adalah dengan menyediakan 20 terminal penumpang yang tersebar di wilayah kerja Pelindo.

"Kami telah memastikan seluruh terminal penumpang di wilayah kerja kami. Semua fasilitas umum baik fasilitas ruang tunggu, ruang menyusui, mushola hingga ruang kesehatan dipastikan siap melayani arus mudik lebaran tahun ini," kata Regional Head 3 Pelindo Ardhy Wahyu Basuki, Minggu (17/04/2022).

Selain menyiapkan terminal, menurut Ardhy, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas di pelabuhan guna mengupayakan keselamatan dan kenyamanan penumpang selama mudik lebaran berlangsung.

Beberapa fasilitas yang disediakan diantaranya adalah ruang tunggu bagi calon penumpang, alat pemeriksa suhu tubuh, ruang laktasi, penambahan counter check-in hingga penambahan petugas jaga dan cctv.

Tak hanya itu, selama mudik berlangsung pihaknya juga akan terus melakukan koordinasi dengan sejumlah pemangku kepentingan agar arus mudik lebaran 2022 khususnya melalui jalur laut bisa berjalan lancar.

Bagi calon pemudik, ia juga menghimbau agar tetap mematuhi protokol kesehatan selama perjalanan khususnya di terminal penumpang agar terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

"Kami menghimbau kepada seluruh pemudik untuk terus mematuhi protokol kesehatan selama perjalan khususnya berada di terminal penumpang kami. Selain itu petugas kami akan terus kami siagakan untuk meningkatkan protokol kesehatan selama di terminal," pungkasnya. (Sem)