Penanganan Jalan Pucangro Selesai, Sudah Bisa Dilewati

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 07 Feb 2022 17:04 WIB

Penanganan Jalan Pucangro Selesai, Sudah Bisa Dilewati

i

Proses peninggian jalan dengan deltu dikebut dan jalan Pucangro sudah bisa dilewati. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan  - Upaya Pemkab Lamongan melalui Dinas PU Bina Marga melakukan penanganan darurat jalan rusak di Pucangro akhirnya selesai. Penanganan dengan meninggikan jalan tersebut selanjutnya sudah bisa dilewati untuk sementara, hingga menunggu sebulan kedepan untuk dilakukan pengecoran secara permanen.

Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Lamongan Sujarwo saat dihubungi Senin (7/2/2022) mengatakan kalau penanganan darurat ruas jalan Pucangro bertujuan untuk memperlancar arus lalu lintas sementara.

Baca Juga: Dinas PU Bina Marga Pasuruan: 2024 ada Proyek Perbaikan Jalan Rusak

Peninggian jalan dengan menggunakan batu pedel itu, sebagai upaya penanganan sementara, guna menghindari genangan air banjir, sebelum nantinya akan dilakukan pengecoran pada bulan Maret - April mendatang.

"Untuk memaksimalkan penanganan darurat jalan di ruas pucangro sejak. Sejak tanggal 2 Februari, telah dilakukan penutupan jalan dan pengalihan arus lalu lintas. Langkah tersebut dilakukan supaya peninggian jalan bisa cepat selesai. "Alhamdulillah hari ini sudah bisa dilewati," ungkap Sujarwo.

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

Sujarwo menjelaskan, peninggian jalan dilaksanakan kurang lebih 1 kilometer dengan ketinggian 30 - 50 centimeter. Kenapa menggunakan deltu, karena dianggap paling cocok untuk urukan yang lahannya tergenang air atau banjir.

"Selain itu juga pengerjaan bisa cepat dilakukan dan langsung bisa dilewati oleh kendaraan. Setelah urukan deltu selesai, atasnya akan dipadatkan dengan urukan sirtu. Namun pekerjaannya tidak akan sampai menutup jalan, kendaraan tetap bisa lewat, meskipun harus bergantian," terangnya.

Sujarwo menegaskan kembali bahwa itu penanganan darurat, bukan penangan sebenarnya.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

"Penanganan ini untuk mempercepat lalu lintas masyarakat sementara. Nantinya peningkatan jalan pucangro, tetap menggunakan cor beton yang dilaksanakan bulan Maret - April 2022," pungkasnya. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU