Pendapat dr Kohar Mengenai Penanganan Covid-19 Jawa Timur

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 07 Mei 2020 15:47 WIB

Pendapat dr Kohar Mengenai Penanganan Covid-19 Jawa Timur

i

Illustrasi virus covid-19. SP. DECOM

SurabayaPagi.com, Surabaya - dr Kohar Hari Santoso Ketua Rumpun Tracing Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Timur, berpendapat mengenai upaya penurunan kurva Covid-19 yang ditargetkan oleh Presiden Joko Widodo. Menurutnya selain dari pihak medis, masyarakat juga harus ikut serta dalam hal ini.

 

Baca Juga: Dokter Paru Mereaksi Jokowi Soal Endemi

"Kita di gugus tugas akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengupayakan penurunan kurva Covid-19 ini. Tapi masyarakat juga harus ikut serta dalam penanganan ini. Karena kurang efektif jika dilakukan secara sepihak saja," ujar dr Kohar saat dihubungi Surabaya Pagi pada Kamis (7/5/2020).

 

dr Kohar menjelaskan lebih lanjut bahwa kedisiplinan masyarakat berperan penting dalam proses penekanan kurva tersebut. Seperti salah satunya adalah lebih disiplin menerapkan physical distancing dan pemakaian masker jika harus ke luar rumah.

Baca Juga: Awas Covid-19 Varian Kraken, Tingkat Penularannya Cepat

 

"Selain jaga jarak fisik dan memakai masker, menjaga pola hidup bersih dan sehat seperti rajin mencuci tangan dan makan makanan yang bergizi untuk meningkatkan imunitas tubuh juga penting. Serta jangan lupa istirahat yang cukup dan terus berdoa," jelas dr Kohar.

Baca Juga: PPKM Dicabut, Dinkes Kabupaten Mojokerto Tetap Siagakan Ruang Isolasi

 

Dirinya juga berpesan agar seluruh masyarakat yang sudah terindikasi OTG (Orang Tanpa Gejala) dan ODP (Orang Dalam Pemantauan) agar mengikuti aturan untuk melakukan isolasi. "jangan kemana-mana, karena jika ikhtiar ini kita lakukan secara kompak dan bersama-sama insyaallah Covid-19 akan cepat ditangani," tutup dr Kohar. (Adit)

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU