Peneliti : Musik Bisa Bantu Tidur Lelap

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 03 Feb 2023 19:58 WIB

Peneliti : Musik Bisa Bantu Tidur Lelap

SURABAYAPAGI, Surabaya - Saat memikirkan tentang jenis musik yang bisa membuat rileks bahkan membantu tidur, kemungkinan akan tertuju pada musik instrumental yang lembut atau bertempo lambat. Penelitian sebelumnya menunjukkan, musik lebih lambat dan bertempo rendah, kemungkinan besar membantu tidur, tetapi kini sebuah studi baru menawarkan perspektif berbeda.

Studi yang dilakukan oleh para peneliti di Aarhus University di Denmark menemukan bahwa lagu-lagu pop yang ceria dan mudah diingat, sering muncul dalam daftar putar yang digunakan orang untuk membantu mereka tidur pada malam hari. Para peneliti menganalisis total 225.626 lagu dari 985 daftar putar di Spotify yang dikaitkan dengan tidur sebelum memisahkan trek menjadi enam subkategori berbeda.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Tiga dari subkategori selaras dengan karakteristik khas musik tidur, seperti lambat, tempo rendah, instrumen akustik, tanpa lirik, dan lainnya. Namun, tiga subkategori lainnya menampilkan musik yang lebih cepat dan berenergi lebih tinggi.

Lagu termasuk lagu pop berjudul “Dynamite” dari grup K-pop BTS, yang muncul di daftar putar tidur sebanyak 245 kali. Kemudian lagu “Lovely” dari Billie Eilish dan Khalid.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

“Sangat mengejutkan melihat tingkat variasi dalam musik yang digunakan orang untuk tidur,” kata Kira Vibe Jespersenn, salah satu penulis studi tersebut, kepada Verywell Health, dikutip Jumat (3/2/2023).

Profesor psikologi dan ilmu saraf di Baylor University, Michael K Scullin, mengatakan salah satu alasan utama musik dapat membantu seseorang tertidur itu cukup sederhana yaitu karena musik dapat membantu orang jadi rileks. Mendengarkan musik dapat berfungsi sebagai pengalih perhatian dari pikiran dan perenungan internal.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Seorang ahli pengobatan tidur, Tana Bao, mengatakan musik juga diketahui dapat meningkatkan kecemasan yang sangat memengaruhi tidur. Satu studi yang dilaksanakan pada 2016 menemukan bahwa musik membantu mengurangi stres dan kecemasan, serta menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik untuk wanita hamil yang mengalami gangguan tidur.

Metaanalisis pada 2022 dari 21 studi terkontrol menunjukkan bahwa mendengarkan musik memiliki efek yang signifikan dalam mengurangi kecemasan. Menurut penelitian, beberapa orang mungkin berpendapat bahwa musik dengan energi tinggi dan tempo cepat akan menjadi kontraproduktif untuk relaksasi dan tidur. Penelitian menunjukkan, otak lebih mampu untuk bersantai ketika dapat memprediksi apa yang akan datang.hlt/msk

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU