Peneliti: Hindari Makanan Siap Saji dan Olahan Kalengan untuk Jaga Jantung Sehat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Okt 2022 19:09 WIB

Peneliti: Hindari Makanan Siap Saji dan Olahan Kalengan untuk Jaga Jantung Sehat

i

Hindari makanan-makanan siap saji dan makanan olahan kalengan untuk menjaga jantung tetap sehat

SURABAYAPAGI, Surabaya - Peneliti Pusat Riset Kedokteran Preklinis dan Klinis Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Zulvikar Syambani Ulhaq mengatakan salah satu cara untuk menjaga jantung tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Diet sehat jantung terdiri dari kombinasi makanan yang berbeda termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan kacang-kacangan.

"Hindari juga makanan-makanan siap saji dan makanan olahan kalengan," kata Zulvikar, di Jakarta.

Agar jantung tetap sehat, Zulvikar menuturkan perlu menghindari makan-makanan asin tapi menggunakan bumbu yang rendah garam seperti kecap atau saus tomat. Zulvikar juga mengatakan rokok dan alkohol juga perlu dihindari atau tidak dikonsumsi karena dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, menurut dia, melakukan cek kesehatan berkala adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung. Ia mengajak masyarakat untuk rutin mengecek kadar gula dalam darah, kolesterol dan tekanan darah. Cek kesehatan menjadi penting karena beberapa orang tidak menunjukkan gejala meskipun mereka sudah memiliki tekanan darah yang cukup tinggi.

Ia menuturkan, warga dapat berdiskusi dengan petugas kesehatan jika memiliki risiko tinggi terhadap penyakit jantung sehingga tenaga medis dapat membantu merencanakan modifikasi gaya hidup yang tepat. Jika sudah terdiagnosis dengan hipertensi ataupun diabates, perlu adanya target perubahan gaya hidup dan pengobatan teratur yang selalu terpantau oleh petugas kesehatan.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan RI memperkuat sistem layanan primer dalam upaya menekan laju kasus penyakit jantung yang memicu penyebab kematian dan pembiayaan tertinggi di Indonesia.hlt/jtg

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU