Peneliti Northwestern University Ungkap Kopi Mampu Tangkal Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 14 Jul 2021 11:27 WIB

Peneliti Northwestern University Ungkap Kopi Mampu Tangkal Covid-19

i

Minum kopi dapat menangkal infeksi coronavirus. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Angka penyebaran kasus Covid-19 yang terus melonjak membuat beragam informasi bohong atau palsu yang menjanjikan dapat mencegah infeksi Covid-19. Misalnya susu beruang dan air kelapa hijau yang bahkan menyebabkan kelangkaan produk tersebut di pasaran.

Baru-baru ini para peneliti dari Northwestern University mempublikasikan penemuannya pada jurnal Nutrients. Mereka telah meneliti lebih dari 40 ribu partisipan di Inggris. Atas penelitian tersebut, muncul sebuah hipotesis bahwa infeksi coronavirus dapat diminimalisir dengan konsumsi kopi.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Para peneliti menemukan hasil yang cukup mengejutkan. Seseorang yang memiliki kebiasaan minum satu gelas kopi atau lebih per hari memiliki 10% risiko lebih rendah terinfeksi Covid-19 dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

"Saat mengonsumsi secangkir, dua sampai 3 atau bahkan lebih dari empat cangkir kopi, maka peluang positif Covid-19 berkisar 0,90 hingga 0,92," jelas para peneliti, Rabu (14/7/2021).

Kandungan antioksidan pada kopi dikatakan menjadi komponen utama yang membantu meningkatkan kekuatan imunitas tubuh melawan virus. Selain itu, komponen antiinflamasi pada kopi juga dikatakan sebagai faktor lain yang berpengaruh cukup besar.

"Konsumsi kopi memiliki korelasi dengan tanda-tanda inflamasi yang dihubungkan dengan beberapa gejala Covid-19 dan angka harapan hidup," tulis para peneliti.

Baca Juga: RSUD Bangil Miliki Gedung Instalasi Farmasi dan Dropzone Instalasi Gawat Darurat

Para peneliti juga menyebutkan kopi memiliki efek pelindung imunitas atau immunoprotective untuk melawan coronavirus.

Namun untuk menemukan ketepatan efek dengan persamaan tanda yang ditemukan, para peneliti mengatakan butuh waktu untuk melakukan penelitian lanjutan.

"Walaupun penemuan ini masih membutuhkan investigasi lebih lanjut, menerapkan perilaku makan sehat menjadi cara yang sangat baik untuk melindungi diri dari Covid-19 dan membatasi penyebaran virus," kata penulis penelitian.

Baca Juga: Cek Kesehatan Gratis, Balai RW 02 Pos Mawar 1 Dukuhsari Jabon Gelar Posyandu Lansia

Selain kopi, ada baikknya juga menerapkan pola hidup sehat dan tetap membatasi aktivitas yang melibatkan orang banyak juga menjadi hal yang sangat disarankan ahli untuk meminimalisir peluang terjangkit infeksi Covid-19.

Makan makanan yang bergizi dan memastikan keseimbangan asupan nutrisi untuk menjaga kekebalan imunitas harus dilakukan guna membantu tubuh melawan virus yang masuk dan menginfeksi. Dsy8

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU