Penerimaan CPNS 2021 Cakup untuk Umum dan Disabilitas

Pada Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdapat lima peserta disabilitas. SP/KOMINFO JATIM

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Provinsi Jawa Timur, Indah Wahyuni menyatakan seluruh kalangan masyarakat, tidak terkecuali para peserta penyandang disabilitas bisa mengikuti Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).” Di tahun ini, pada Tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) terdapat lima peserta disabilitas, diantaranya, 3 tuna netra, 1 tuna rungu, 1 memakai kursi roda”uajrnya, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, yang terpenting secara administrasi memenuhi persyaratan. Diantaranyabatas maksimal usia, yaitu 35 tahun, pendidikan sesuai dengan formasiyang hendak dipilih.

Dikatakannya, salah satu peserta tuna netra yang memilih formasi perpustakaan daerah. “Salah satu bentuk kepedulian kita dari BKD Jatim, untuk yang tuna netra, karena tidak menyediakan huruf braile maka peserta didampingi petugas,”katanya.

Dikatakan Indah, BKD memang harus memberikan kesempatan untuk seluruh lapisan. Dicontohkannya, salah satu staf di BKD  ada yang berkebutuhan khusus tuna rungu memiliki kelebihan di bidang IT yaitu menciptakan beberapa aplikasi.Allah itu memberikan kelebihan , ada kekurangan yang ditutup dengan kelebihan lainnya,” ujarnya.

Kepala Kantor Regional BKD Surabaya, Heru Purnawan,mengatakan, fasilitas disabilitas dan lain sebagainya masih disesuaikan dengan aturan yang ada. “Jadi semuanya ini saya kira lebih fokus kemanusiaannya , tidak ada yang membeda-bedakan ras. Inilah wujud kepedulian Provinsi Jawa Timur terhadap masyarakat,” katanya.sb5/na