Home / Politik : ANALISA BERITA

Pengamat: Duet Anies-AHY Harapan Masyarakat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 18 Nov 2022 20:15 WIB

Pengamat: Duet Anies-AHY Harapan Masyarakat

i

Jamiluddin Ritonga, Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Esa Unggul

SURABAYAPAGI, Surabaya - Duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) paling potensial memenangkan Pilpres 2024. Potensial tersebut terlihat dari hasil simulasi pasangan Capres yang dilakukan beberapa lembaga survei yang kredibel.

Duet Anies-AHY bersaing ketat dengan duet lainnya seperti Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto-Puan Maharani atau Ganjar-Erich Thohir atau Prabowo-Muhaimin Iskandar.

Baca Juga: Anies Ingatkan, Gugatannya tak Diterima, Kecurangan Pemilu akan Terus TerjadI

Kemudian, ia melanjutkan duet Anies-AHY elektabilitasnya cenderung naik. Sementara duet lainnya cenderung statis. Kecenderungan itu tampaknya akan semakin meningkat seiring semakin intensnya Anies dan AHY melakukan kerja-kerja politik.

"Meroketnya duet Anies-AHY diperkirakan karena kejenuhan masyarakat atas kondisi sosial, ekonomi dan politik saat ini di Tanah Air," kata dia.

Ia menambahkan sebagian besar masyarakat justru sudah banyak yang apatis. Di antara mereka sudah tidak yakin lagi ada perubahan dengan pendekatan pembangunan saat ini.

Sebagian masyarakat tampaknya berharap banyak kepada Anies-AHY untuk mengubah keadaan saat ini. Misi perubahan yang diusung Anies tampaknya sejalan dengan harapan Sebagian besar masyarakat.

"Jadi, Anies-AHY dinilai pasangan yang dapat membawa perubahan di Tanah Air. Harapan itu kiranya yang membuat Anies-AHY dielu-elukan masyarakat," kata dia.

Baca Juga: Sebut Ada Intervensi dalam Pemilu 2024 di Sidang PHPU, Anies: Demokrasi Kita dalam Bahaya Nyata

Persepsi masyarakat itu juga sesuai dengan slogan Partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat. Slogan itu tampaknya diterapkan para kadernya sehingga rakyat berharap banyak kepada AHY dan Demokrat.

Perpaduan perubahan dan berkoalisi dengan rakyat tampaknya menumbuhkan harapan yang besar kepada Anies-AHY. Kiranya hal itu yang membuat sebagian besar rakyat menilai duet Anies-AHY akan mampu membawa perubahan untuk kesejahteraan yang berkeadilan.

"Karena itu, sudah saatnya Nasdem, Demokrat dan PKS untuk mengusung Anies-AHY. Pasangan ini jauh lebih potensial bila dibandingkan dengan duet Anies-Ahmad Heryawan," kata dia.

Baca Juga: Alasan Pilpres Ulang, Dibeberkan Anies di Ruang Sidang MK

Maka dari itu, diperlukan pendekatan khusus kepada PKS agar rela menarik kadernya dari keinginan menjadi cawapres Anies.

"Hal itu diperlukan agar duet Anies-AHY dapat ikut berkonsultasi untuk memenuhi harapan sebagian besar masyarakat Indonesia. Setidaknya gelombang keinginan perubahan dari masyarakat dapat diakomodir duet Anies-AHY," kata dia.

(Lewat keterangannya yang dikutip dari laman Republika.co.id pada Jumat (18 November 2022).

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU