Home / Politik : ANALISA BERITA

Pengamat: Pastinya Golkar Usung Kader Sendiri

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Feb 2023 20:42 WIB

Pengamat: Pastinya Golkar Usung Kader Sendiri

i

Ari Nurcahyo, Direktur Eksekutif PARA Syndicate

SURABAYAPAGI, Surabaya - Masing-masing parpol anggota Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) mulai ajukan capres masing-masing. Sementara Partai Golkar yang sejak awal mengusung Airlangga Hartarto tetap tak goyah dengan pendiriannya.

Golkar tetap mantap mengusung bosnya itu sebagai capres. KIB ini kan ada 3 partai. Golkar sudah jelas akan mengusung Airlangga Hartarto sesuai dengan mandat Munas Golkar. Kita tahu hal itu telah disampaikan oleh juru bicara Partai Golkar, Tantowi Yahya.

Baca Juga: Anies Akui Prabowo, Keluarga Intelektual Terpandang

Saya menilai Golkar memang sepatutnya berkeras untuk mengajukan kadernya sebagai calon presiden (capres) dalam Pilpres 2024. Karena Golkar sebagai partai besar yang menempati papan atas.

Karena posisi 3 besar, Golkar harus punya capres atau cawapres. Karena PDIP sudah pasti akan mencalonkan, Gerindra sudah Prabowo. Golkar sebagai partai urutan nomor tiga kok kalah dengan partai urutan bawahnya.

Baca Juga: Bawaslu Pasrah

Menurut saya Golkar mempunyai tanggung jawab politik sebagai partai besar papan atas untuk mencalonkan kadernya di Pilpres 2024. Golkar menduduki peringkat 3 dalam berbagai survei. Golkar mempunyai kepercayaan diri dan peluang politik untuk segera mendefinisikan calon dari Golkar untuk didiskusikan dengan KIB.

 Seturut, Koalisi Indonesia Bersatu juga patut segera mendeklarasikan capres dan cawapres untuk memperjelas posisinya. Pasti sudah dua yang siap maju, tinggal bagaimana PDIP. Makanya posisi KIB harus diperjelas dengan pencapresan.

Baca Juga: FPI, PA 212, hingga GNPF-Ulama ke MK Dukung Putusan Adil

Golkar juga harus menjadi motor dalam koalisinya. Mengingat tanggung jawab politik sebagai partai besar.Karena kalau partai 3 besar kalau hanya follower saja di koalisi apapun, itu mohon maaf, kegagahan politik Golkar dipertanyakan, harga diri politiknya (dipertanyakan.

(Lewat keterangannya yang dikutip dari laman mediaindonesia.com Selas (28 Februari 2023)

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU