Pengembangan Wisata Sunan Ampel Diminta Segera Direalisasikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 04 Mei 2021 12:46 WIB

Pengembangan Wisata Sunan Ampel Diminta Segera Direalisasikan

i

Pengembangan kawasan religi Sunan Ampel diminta segera direalisasikan menyusul banyaknya peziarah yang datang ke makan Sunan Ampel. SP/SNAMPEL

SURABAYAPAGI,Surabaya -  Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya diminta segera merealisasikan pengembangan wisata religi Sunan Ampel yang telah direncanakan sebelumnya. Percepatan ini diminta menyusul banyaknya peziarah yang datang ke makan Sunan Ampel itu.

Dengan adanya pengembangan kawasan religi Sunan Ampel tersebut akan membuat para peziarah semakin nyaman.

Baca Juga: THR Dapat Dongkrak Produktivitas dan Industri Rumah Tangga

"Tentunya ini akan membuat kawasan itu semakin ramai dikunjungi peziarah atau wisatawan," kata Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Laila Mufidah di Surabaya, Selasa (4/5).

Maka dari itu, Ia mengatakan, perlu kiranya memikirkan keberadaan Perusahan Daerah Rumah Potong Hewan (RPH) Pegirian yang selama ini dianggap sebagian orang mengganggu karena bau kotoran hewan yang habis disembelih. 

"Saya dapat info katanya RPH mau dipindah ke Tandes. Semoga bisa secepatnya?" katanya. 

Menurut dia, dengan adanya pengembangan wisata religi itu, pihaknya berharap warga sekitar bisa merasakan dampak ekonominya. Hal ini dikarenakan yang akan menjalankan roda perekonomian di kawasan itu adalah warga setempat.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Surabaya Sambut Delegasi Perdagangan dari Tiongkok

"Warga akan diuntungkan secara ekonomi. Banyak warga yang berjualan di sana," katanya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak termasuk warga Ampel terkait rencana pengembangan wisata religi itu.

Menurutnya, salah satu konsepnya adalah mengalihfungsikan bangunan seperti RPH Pegirian ke kawsasan Tandes.

Baca Juga: KPU Kota Surabaya Mulai Seleksi Calon Anggota PPK dan PPS Pilkada 2024

Eri menjelaskan tujuan lain dari rencana itu adalah untuk memperkuat dan memeratakan pembangunan di seluruh wilayah Surabaya, termasuk wisata Sunan Ampel yang terletak di bagian Utara Kota Surabaya.

Pengembangan wisata religi Sunan Ampel nantinya juga akan dilakukan di terminal parkir bus peziarah. Terminal itu akan diperluas hingga akan dibangun museum. Eri mengatakan saat ini rencana itu sedang dalam kajian Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.nt/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU