Pengemudi Ojol Sampaikan Keluhan Kenaikan Harga BBM, Wali Kota Eri Cahyadi Beri Solusi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Sep 2022 10:45 WIB

Pengemudi Ojol Sampaikan Keluhan Kenaikan Harga BBM, Wali Kota Eri Cahyadi Beri Solusi

i

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat menemui belasan pengemudi ojol di Balai Kota Surabaya, Sabtu (10/9/2022)

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Dampak kenaikan harga BBM menimbulkan banyak keresahan bagi banyak kalangan masyarakat. Salah satunya adalah para pengemudi ojek online (ojol). Sejumlah pengemudi ojek online (ojol) yang tergabung dalam Federasi Pegiat Online (FEIN) mendatangi Balai Kota Surabaya, Sabtu (10/9/2022).

Mereka menemui Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi untuk menyampaikan beberapa keluhan. Selain keluhan akibat dampak dari kenaikan harga BBM, sebanyak 11 pengemudi ojol itu juga mengkritik fasilitas bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Baca Juga: Menkeu Takut Dimarahi Rakyat

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Eri Cahyadi memberikan solusinya, yaitu dengan melakukan pendataan agar mempermudah pemkot memberikan intervensi dan pemberdayaan istri pengemudi ojol yang tergabung di dalam FEIN.

"Maksud saya itu panjenengan tetap kerja seperti sekarang, nah kemudian istri panjenengan bisa saya beri pelatihan, nanti kita fasilitas, kemudian diberi orderan. Biar pendapatannya nanti panjenengan Rp 4 - Rp 7 juta per bulan," kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Dari 11 perwakilan ojol yang datang menemui Eri Cahyadi, salah satu di antaranya perempuan. Melihat hal tersebut, kemudian ia meminta agar berhenti sebagai ojol. Kemudian, Eri meminta Dinas Sosial Kota Surabaya untuk mendata ojol perempuan itu.

 "Ini tolong didata Bu Kadinsos, biar nanti tak kasih kerjaan lain, asalkan KTP Surabaya," tutur Eri.

Baca Juga: Harga Beras Naik, Pedagang Beras Sepi Pembeli

Mantan Ketua Bappeko itu mengaku tidak tinggal diam ketika ada warga Surabaya yang mengalami kesusahan. Maka dari itu, ia berencana menyediakan shelter di tempat - tempat tertentu untuk meningkatkan kesejahteraan pengemudi ojol,.

Rencananya, ia akan bekerjasama dengan stakeholder untuk menentukan shelter mana yang akan digunakan ojol tersebut. 

"Makannya nanti didata dulu, yang KTP Surabaya siapa saja. Insyaallah nanti kita koordinasikan dengan mal-mal dan pusat keramaian lainnya," pungkas Eri.

Baca Juga: Persaingan Makin Sengit, SPBU Swasta Ajukan Izin Penambahan Unit

Sementara itu, Faris Novianto selaku Koordinator Federasi Pegiat Online (FEIN), mengucapkan banyak terima kasih kepada Eri Cahyad karena keluhan dan aspirasi dari pengemudi ojol yang tergabung di dalam komunitasnya mendapatkan respon baik. Faris mengaku bisa bernapas lega lantaran istri para pengemudi ojol akan difasilitasi wirausaha oleh Pemkot Surabaya.

"Alhamdulillah, kami diberi fasilitas itu. Untuk komunikasi hari ini dengan Pak Eri memberikan kami semangat. Terlebih, pemkot juga mensupport kami, khususnya bagi istri pengemudi ojol," ucap Faris. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU