Pengmas Farmasi Unair 2022, Dorong Pola Hidup Sehat Bagi Siswa SMP

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Sep 2022 16:37 WIB

Pengmas Farmasi Unair 2022, Dorong Pola Hidup Sehat Bagi Siswa SMP

i

Tangkapan layar Kegiatan Pengabdian Masyarakat Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, Sabtu, (10 September 2022) saat sesi diskusi. SP/HUMAS UNAIR

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Fakultas Farmasi Universitas Airlangga (Unair) kembali melakukan pengabdian masyarakat (pengmas) bertajuk Pendidikan Pola Hidup Sehat di masa Pandemi Covid-19 dalam upaya menjaga kesehatan siswa.

Menurut Ketua pelaksana, Dr. apt. Dewi Isadiartuti, M.Si, pengmas tahun ini dilaksanakan di dua sekolah yakni SMPN 1 Magetan dan SMPN 1 Maospati.

Baca Juga: Empat Kampus di Surabaya, ikut Bergolak

Adapun tujuan dilakukannya pengmas bertajuk pola hidup sehat bagi siswa kata Dewi, adalah untuk menjaga kondisi kesehatan siswa dari serangan varian baru covid-19 selama proses pembelajaran tatap muka (PTM) berlangsung.

"Kegiatan ini kita lakukan spesifik untuk kelas VII, VIII dan IX. Karena sekarang proses pembelajaran sudah offline atau seringkali disebut PTM, maka siswa perlu dibekali cara agar terhindar dari serangan virus covid-19. Salah satunya melalui protokol kesehatan yang meliputi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak akan mampu meminimalkan kasus," kata Dewi Isadiartuti kepada Surabaya Pagi, Minggu (11/09/2022).

Lebih lanjut Dewi menjelaskan, menjaga kebersihan tangan tidak hanya dengan mencuci tangan pakai air dan sabun. Selain menggunakan air dan sabun, ada pula alternatif lain. Salah satunya adalah dengan menggunakan handsanitizer.

Dalam penelitiannya berjudul, "Uji Efektifitas Sediaan Gel Antiseptik Tangan yang

Baca Juga: Aksi Ksatria Muda Airlangga, Tandingan UNAIR Memanggil?

Mengandung Etanol dan Triklosan", ia menyebutkan, terjadinya penurunan jumlah mikroba virus yang ada di tangan secara signifikan.

Adapun cara penggunaannya adalah dengan menebarkan 0,5 gel sedian antiseptik pada telapak tangan selama 1 menit atau 60 detik.

"Hasilnya menunjukan sediaan gel triclosan mampu menghilangkan mikroorganisme hingga 89%, sedangkan sediaan gel etanol hingga 46%," katanya.

Baca Juga: Keresahan atas Pelaksanaan Pilpres 2024, Dirasakan juga oleh Puluhan Dosen Unair dan Unesa

Sementara itu Wakil Dekan III Fakultas Farmasi Unair Prof. apt. Dewi Melani Hariyadi, Phd menyampaikan, pengmas bertajuk pola hidup sehat kepada siswa selain merupakan bentuk pengamalan tri dharma perguruan tinggi, juga bagian dari peringatan Dies Natalies Fakultas Farmasi Unair yang ke-59.

"Kehadiran kami tentunya untuk mengamalkan tri dharma perguruan tinggi. Ini juga sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai tenaga pendidik. Fakultas farmasi telah mengeluarkan banyak penelitian, seperti handsanitazer, probiotik, dan dari penelitian ini kemudian ditularkan ke masyarakat, ke siswa-siswa sebagai agen of change di masa mendatang," katanya.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU