Penguatan Ekosistem Pariwisata Jadi Strategi Pemkot Mojokerto Tumbuhkan Ekonomi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 31 Jan 2023 16:29 WIB

Penguatan Ekosistem Pariwisata Jadi Strategi Pemkot Mojokerto Tumbuhkan Ekonomi

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Memperkuat ekosistem pariwisata menjadi salah satu strategi prioritas Pemerintah Kota Mojokerto dalam meningkatkan ketahanan dan menumbuhkan ekonomi warga kota di tahun 2024.

Termasuk dalam ekosistem pariwisata diantaranya yaitu ekonomi kreatif, UMKM, penyediaan jasa, sarana-prasarana dan infrastruktur yang memadai.

Baca Juga: Realisasi Pajak Kota Mojokerto Naik Signifikan Capai Rp 71,4 Miliar

"Mengingat rantai pariwisata merupakan sektor utama PDRB (red: Produk Domestik Regional Bruto) atau sumber ekonomi warga Kota Mojokerto. Sehingga perlu dilakukan penguatan," ujar wali kota Ika Puspitasari membuka Musrenbang Kelurahan Wates, Selasa (31/1).

Lebih lanjut, sejumlah upaya untuk memperkuat ekosistem pariwisata tersebut seperti program 4P yaitu menggelar pelatihan inkubasi wirausaha, pendampingan, pemberian bantuan modal, dan pembentukan koperasi UMKM. 

Baca Juga: Pimpin Apel Pagi Pasca Libur Lebaran, Pj Ali Kuncoro Ingatkan PR Sudah Menanti

Selain itu juga dibentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) di berbagai kelurahan lokasi objek wisata. Selain itu juga dibangun berbagai sarana-prasarana dan infrastruktur yang mendukung sektor tersebut.

Misalnya dengan membangun jalan tembusan menuju lokasi Wisata Bahari Mojopahit, di area Cakar Ayam hingga jembatan Rejoto. Serta penyediaan area perdagangan bagi UMKM, seperti Rest Area Gunung Gedangan dan Sky Walk Majapahit.

Baca Juga: Tak Ada WFH, Pj Ali Kuncoro Tegaskan ASN Pemkot Mojokerto Kembali Kerja Usai Libur Lebaran

Berikutnya wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini juga mengharapkan dukungan dan partisipasi dari segenap warga. Termasuk dalam menyediakan lingkungan yang bersih dan nyaman.

"Semakin banyak wisatawan yang datang, tentu sampah yang ditimbulkan juga semakin banyak. Jadi untuk menjaga kebersihan lingkungan juga saya harap partisipasi dari panjenengan semua," ungkap Ning Ita. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU