Penguatan Ketahanan Ekonomi, Pemkot Mojokerto Dukung Transformasi Digital UMKM

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 26 Jan 2023 16:45 WIB

Penguatan Ketahanan Ekonomi, Pemkot Mojokerto Dukung Transformasi Digital UMKM

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto -  Penguatan ketahanan ekonomi masih menjadi salah satu fokus pembangunan Kota Mojokerto. Mengingat sejak terjadi pandemi Covid-19, perekonomian menjadi sektor yang terdampak secara signifikan.

Salah satu upaya penguatan tersebut yaitu dengan mendukung transformasi digital UMKM. Sebab UMKM memiliki peran besar dalam menggerakkan perekonomian di Kota Mojokerto.

Baca Juga: Lomba Video Kartinian Antar OPD Pemkot Mojokerto Berlangsung Seru, Ini Tanggapan Mas Pj Ali Kuncoro!

"Para pelaku UMKM ini kita bekali dengan pelatihan-pelatihan untuk bagaimana berdagang online, bagaimana membuat toko daring," ujar Wali kota Ika Puspitasari membuka Musrenbang di Kelurahan Mentikan, Rabu (25/1) sore.

Selain itu, lanjut wali kota, juga terdapat pelatihan membuat foto produk yang menarik. Tujuannya agar calon pembeli bisa tertarik untuk mengunjungi toko online yang dimiliki warga.

Baca Juga: KKP Dorong Ratusan UMKM Naik Kelas

Berikutnya juga pelatihan tentang tata cara mendaftarkan usaha di E-Katalog LKPP supaya dapat mengikuti pengadaan barang dan jasa yang dilakukan pemerintah.

"Hampir semua UMKM kita saat ini sudah memiliki toko di e-marketplace atau toko online. Karena eranya sudah digital, kita tidak bisa hanya bergantung pada toko konvensional," ungkap wali kota.

Baca Juga: Pj Wali Kota Mojokerto Apresiasi Eksistensi dan Peran Kepala OPD Wanita di Hari Kartini

Meski mayoritas telah mengikuti pelatihan, pihaknya juga tidak menutup kesempatan bagi pelaku UMKM yang masih menginginkan pelatihan lebih lanjut.

"Dinas (red: Diskopukmperindag) tidak akan pernah menolak. Siapapun yang membutuhkan pelatihan pasti akan dilatih, disiapkan sarana prasarananya, narasumbernya, ada semuanya," tegas wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU