Pengunjung Pasar Turi Baru Surabaya Tunjukkan Tren Kenaikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 08 Mei 2023 11:24 WIB

Pengunjung Pasar Turi Baru Surabaya Tunjukkan Tren Kenaikan

i

Pasar Turi Baru. Foto: Pemkot Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - General Manager (GM) Pasar Turi Baru Teddy Supriyadi mengungkapkan bahwa tingkat kunjungan Pasar Turi Baru di Kota Surabaya, Jawa Timur, mulai mengalami tren kenaikan yang dimana dalam satu bulan mencapai sekitar 90-95 ribu orang.

Menurutnya, tren positif ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke Pasar Turi Baru.

Baca Juga: Dispendik Gandeng Dispendukcapil Filter Penduduk Dadakan

"Dengan kapasitas Pasar Turi Baru sebesar ini, jumlah ini tentu masih belum sesuai harapan. Tapi Insya Allah kami punya keyakinan, dengan adanya perkembangan tren positif ini akan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke Pasar Turi Baru," kata Teddy di Surabaya, Jatim, Senin (8/5/2023).

Teddy menuturkan bahwa Pasar Turi Baru terhitung sudah setahun lebih beroperasi sejak diresmikan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi pada Maret 2022 silam. Selama setahun lebih beroperasi, sudah banyak perkembangan yang dicapai Pasar Turi Baru.

"Sarana dan prasarana sekarang jauh lebih baik. Kemudian tingkat kebersihan gedung, keamanan sudah menjadi lebih baik, tingkat awareness masyarakat Kota Surabaya dan sekitarnya mulai banyak yang mengenal kalau Pasar Turi sudah buka kembali," terangnya.

Baca Juga: Manfaatkan Aset, Pemkot Surabaya Bangun 8 Lokasi Wisata Rakyat 

Kendati demikian, ia juga mengakui masih memiliki pekerjaan rumah (PR) yang harus diselesaikan mengnai persoalan pedagang Pasar Turi Baru. Dimana saat ini jumlah pedagang asli Pasar Turi Baru yang membuka stan baru 900-an atau sekitar 18-20 persen dari total stan yang terjual.

"Sehingga ini yang menjadi PR kami bagaimana supaya Pasar Turi bisa bangkit kembali. Maka kami mesti bersatu padu, bergotong-royong, untuk meningkatkan jumlah pedagang Pasar Turi yang bisa mulai aktif kembali dan membuka tokonya di Pasar Turi Baru," jelasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebut, salah satu jalan agar Pasar Turi Baru bisa kembali ramai seperti sedia kala adalah seluruh stan harus dibuka. Maka dari itu, ia meminta kepada para pedagang agar dapat membuka seluruh stan Pasar Turi Baru pada 31 Mei 2023.

Baca Juga: Dewan Minta Pemkot Surabaya Serius Tangani Pengelolaan Sampah TPA Benowo 

Dalam rapat koordinasi bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kejaksaan sebelumnya, telah disetujui bahwa kontrak antara Pemkot Surabaya dengan pengelola Pasar Turi Baru, yakni PT Gala Bumi Perkasa, terhitung mulai tahun 2010 hingga 2035.

Saat seluruh pedagang membuka stan pada 31 Mei 2023, maka setelah tahun 2035, mereka akan diberikan perpanjangan gratis sewa stan selama 15 tahun ke depan. Perpanjangan gratis itu diberikan setelah ikatan hukum Pemkot Surabaya dengan PT Gala Bumi Perkasa berakhir pada tahun 2035. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU