Pengurus PWI Dilantik, Bupati Yes Inginkan Wartawan Tebar Manfaat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 08 Jun 2021 17:45 WIB

Pengurus PWI Dilantik, Bupati Yes Inginkan Wartawan Tebar Manfaat

i

Bupati bersama Wabup, dan Forkopimda berfoto bersama dengan pengurus PWI Lamongan yang baru dilantik. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Resmi sudah pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten periode 2021-2024 dilantik oleh ketua PWI Provinsi Jawa Timur, Ainur Rochim di Pendopo Lokatantra, Selasa (8/6/2021) dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Pelantikan dengan mengundang Bupati, Wabup, Forkopimda, Kepala OPD, Camat, Ormas beserta banom nya, LSM, instansi vertikal, Bank, dan organisasi kepemudaan itu, berlangsung cukup sederhana di tengah kondisi masih dalam suasana pandemi covid-19, apalagi Lamongan kini ada klaster baru hajatan, yang dinyatakan positif  Corona terus bertambah.

Baca Juga: Bocah di Lamongan Tewas Tenggelam di Telaga

Bupati Lamongan H. Yuhronur Efendi dalam kesempatan itu sangat mengapresiasi dari kiprah para wartawan yang tergabung dalam Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Lamongan, yang telah banyak memberikan sumbangsih pikiran, gagasan, dan ide demi kemajuan pembangunan.

Pelantikan PWI kata bupati kali ini terasa sangat istimewa karena digelar beriringan dalam suasana Hari Jadi Lamongan (HJL), dan 100 hari kinerja Pasangan Yuhronur Efendi - KH. Abd Rouf (Yes-Bro).

 "Selamat atas dilantiknya pengurus PWI Kabupaten Lamongan, kami sangat terbantu karena selama ini yang dilakukan oleh wartawan adalah dengan memberikan informasi kepada masyarakat secara akurat dan hal itu sangat membantu masyarakat kami," ujarnya.

Bupati Yes juga meminta kepada wartawan untuk terus memberikan informasi yang positif kepada  masyarakat, agar ada semangat dan gairah dari masyarakat untuk terus melangkah secara positif dalam setiap aktivitas.

"Teruslah berkarya berjuang dan menebar manfaat dengan memberikan informasi yang positif kepada masyarakat, dengan istilah  kita berikan susu kepada masyarakat, bukan tumpahannya, agar bisa ikut membawa Lamongan menuju kejayaan,"pesan bupati Yes dalam sambutanya.

Baca Juga: Kupatan Tanjung Kodok, Lestarikan Tradisi dan Promosi Wisata Lamongan

 

Ainur Rochim ketua PWI Jawa Timur mengatakan, keterbukaan Pers sejak tahun 1998 mengalami perubahan yang signifikan. Bahkan sangking terbukanya, banyak industri Pers yang berdiri. Meski demikian tidak semua Pers bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Namun pada era digital seperti ini, industri pers semakin banyak yang bermunculan, namun tingkat kepercayaan terhadap media kian hari kian berkurang, seiring dengan adanya media sosial. "Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media massa sekarang ini relatif turun, karena gencarnya informasi oleh media sosial, padahal informasi yang disajikan media sosial tidak melalui proses seperti disebutkan dalam UU Pers Nomor 40 Tahun 1999, dan kode etik jurnalistik," ungkapnya.

Baca Juga: Hari Pertama Masuk, Layanan Publik Lamongan Mulai Beroperasi

Karena demikian itu, Rochim berharap kepada semua masyarakat untuk tidak muda untuk terpengaruh dengan informasi-informasi yang tidak bertanggung jawab yang disajikan di media sosial tidak melalui proses, klarifikasi, editing dan kelayakan kode etik jurnalistik seperti yang dilakukan oleh media mainstream.

Sementara itu, dalam kepengurusan PWI Lamongan periode 2021-2024 ini, ketua dijabat oleh Bachtiar Febrianto, Wakil Ketua A Zainuri, Sekretaris Muhajirin, wakil sekretaris Alimun Hakim, dan bendahara Supriyanto, wakil Bendahara M. Ali Zulfikar.

Di jajaran penasehat, ada nama Suprayitno, Kadam Mustoko, dan Imron Rosidi. Di bidang Organisasi dan Hubungan antar lembaga Hanif Manshuri, Sapari, dan Hamim. Bidang pendidikan dan pelatihan ada nama Nurqomar Hadi dan Harry Saktiono. Di bidang Hukum dan pembelaan wartawan M Fariz, dan Gamal Ayatullah. jir

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU