Pensiun Lebih Awal, MotoGP San Marino 2022 Jadi Laga Terakhir Andrea Dovizioso

Andrea Dovizioso

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Andrea Dovizioso memutuskan untuk pensiun dari MotoGP lebih awal dari dugaan yakni setelah laga MotoGP San Marino 2022 yang digelar di Misano World Circuit Marco Simoncelli, Italia, pada 2-4 September 2022. Dengan begitu, Dovizioso akan menjalani tiga balapan terakhirnya di kelas roda dua paling bergengsi, yakni Inggris, Austria dan San Marino.

“Yamaha mengumumkan jika bintang MotoGP, Andrea Dovizioso, telah memutuskan untuk pensiun dari MotoGP, setelah MotoGP San Marino,” bunyi pernyataan resmi Yamaha, Kamis (4/8/2022).

Dovizioso sejatinya sudah memastikan dirinya takkan berlaga di MotoGP musim depan. Yamaha merilis konfirmasi soal perpisahan dengan Dovizioso dibuat selama libur musim panas dengan kesepakatan bersama. Sang rider mencatat “perubahan besar” sebagai bagian dari alasan kesulitannya di atas motor.    

Ia menyatakan bahwa ia akan menepati janjinya, yakni takkan ngotot bertahan di MotoGP jika tak lagi bisa tampil kompetitif.

Dengan pengumuman ini, maka Dovizioso berpisah dari Yamaha, tepat satu tahun setelah membela pabrikan asal Iwata, Jepang tersebut. Dia bertujuan untuk membawa performanya ke pencapaian enam podium pada tim Tech3 pada 2012 lalu.

Hanya saja, sejauh MotoGP 2022 ini Dovizioso belum menunjukkan tajinya. Sejauh ini, ia cuma bisa mencetak 10 poin sepanjang MotoGP musim 2022, dengan pencapaian terbaik finis P11 GP Portugal. Selain itu, dia hanya berada di urutan 22 bersama Franco Morbidelli di urutan 19. Sementara juara bertahan Fabio Quartararo masih berada di puncak klasemen.

"Sayang, dalam beberapa tahun terakhir, MotoGP telah banyak berubah. Situasinya sangat berbeda sejak itu, saya tak pernah merasa nyaman dengan motor kami, dan tak pernah bisa mengeluarkan potensi terbaiknya meski ada bantuan berharga terus menerus dari tim dan Yamaha keseluruhan. Hasil kami negatif, tetapi di luar itu, saya masih menganggapnya sebagai pengalaman hidup yang sangat penting,” ujar Dovisiozo.

Dovizioso juga berterimakasih kepada semua pihak yang pernah terlibat dalam proyek.

 “Untuk semua ini dan dukungan mereka, saya berterima kasih kepada Yamaha, tim saya dan WithU, dan sponsor-sponsor lain yang terlibat dalam proyek. Ini tidak berjalan sesuai yang kami harapkan, tetapi layak di coba. Perjalanan saya akan berakhir di Misano, tetapi hubungan dengan semua orang yang terlibat akan bertahan selamanya.” Ungkap Davisozo.

Posisinya untuk sisa enam balapan terakhir tahun ini di RNF bakal digantikan pembalap penguji Yamaha Cal Crutchlow. Di Yamaha, ia sempat mengisi posisi Morbidelli yang cedera tahun lalu pada GP Styria dan Austria dan menggantikan Maverick Vinales dalam GP Inggris dan Aragon. sb