Penyelundupan Sabu dalam Cat ke Lapas Sampit Digagalkan

Petugas menunjukkan barang bukti sabu yang coba diselundupkan ke dalam lapas melalui kaleng cat.

 

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Upaya penyelundupan sabu ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kembali terjadi. Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Sampit, Kalimantan Tengah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis sabu seberat 7,5 gram.

Barang haram tersebut diselundupkan pelaku melalui kaleng cat dan makanan yang ditujukan kepada salah satu penghuni lapas berinisial S. Atas hal itu, pengunjung lapas berinsial N berikut barang bukti diamankan petugas.

“Benar petugas kami di Lapas Sampit berhasil mengagalkan upaya penyelundupan barang haram,” ujar kepala bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatyan, Tika Aprianto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (2/11).

Ia menyebut, upaya penyelundupan terjadi pada Minggu (1/11) sore sekitar pukul 15.15 WIB. Seorang laki-laki mengunjungi lapas sampit untuk mengantarkan titipan barang berupa makanan dan cat dalam kaleng.

Petugas yang menerima kemudian memeriksa isi bawaan. Saat diperiksa, ditemukanlah dua bungkus sabu yang disembunyikan dalam plastic bening dan plastic kecail hitam di kaleng cat.

“Setelah petugas kami keluarkan barang tersebut, ditemukan barang terlarang berisi narkotika jenis sabu. petugas yang menemukan langsung melaporkan ke kepala kesatuan pengamanan lapas,” ungkap kepala Lapas Sampit, Agus Supriyanto.

Atas temuan tersebut, pihaknya langsung berkoordinasi dengan kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah dan melaporkan ke Polres Kotawaringin Timur.

Penyelundupan barang haram ke lapas sudah sering terjadi dengan berbagai modus. Untuk itu, ia menegaskan pihaknya akan terus meningkatkan pengawasan dalam menghadapi upaya penyelundupan narkoba yang modusnya semakin beragam.