Penyumbang Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo

Windy Cantika Aisah saat mengangkat beban 49 kg. SP/ Ant

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Windy Cantika Aisah yang turun di kelas 49 kg putri cabang olahraga angkat besi yang digelar di Tokyo berhasil mempersembahkan medali pertama untuk Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. Kemenangan atlet angkat besi ini membuat akun Instagram Windy Cantika langsung banjir followers, Minggu (25/7/2021).

Pada pertandingan itu, Windy sukses mencatatkan total angkatan 194 kg. Jumlah tersebut dibukukan Windy melalui angkatan snatch 84 kg dan upaya clean & jerk seberat 110 kg. Berkat hasil itu, Windy Cantika Aisah berada di peringkat ketiga setelah lifter Hoi Zhihui (China) dan Chanu Mirabai (India).

Bagi Windy, angkat besi bukan hal asing. Dia sudah dikenalkan oleh sang ibu, Siti Aisah, merupakan mantan atlet angkat besi Indonesia yang menyumbang medali di kejuaraan dunia 1987.

Cerita-cerita Siti itu membekas di benak Windy. Hingga Windy mengikuti jejaknya menjadi lifter. Windy dimasukkan ke klub angkat besi di Bandung, yang dibina mantan lifter nasional, Maman Suryaman.

Puncak prestasi Windy Cantika Aisah pada 2019 terjadi di SEA Games 2019 di Filipina ketika memecahkan rekor dunia di kelas 49 kg junior dengan total angkatan 190 kg dari snatch 86 kg dan clean and jerk 104 kg.

Pada 2020 sekaligus ajang terakhir yang diikuti adalah Kejuaraan Dunia Junior, Mei lalu, saat ia menorehkan angkatan terbaik 191kg. Karena itu, Windy Cantika Aisah telah mencatatkan hal yang luar biasa di Olimpiade Tokyo 2020. Dsy15