Peraih Mendali Emas yang Pindah Kewarganegaraan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Agu 2021 14:08 WIB

Peraih Mendali Emas yang Pindah Kewarganegaraan

i

Tony Gunawan, mantan atlet bulu tangkis Indonesia. SP/ Reuters

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Legenda bulu tangkis Indonesia, Tony Gunawan sudah membawa harum nama Indonesia di beragam turnamen internasional salah satu yang paling dikenang adalah kesuksesannya menyabet medali emas di Olimpiade Sydney 2000 pada sektor ganda putra bersama Candra Wijaya.

Sosok Tony Gunawan kemudian kembali mendapat sorotan lebih dari publik usai memutuskan hijrah ke Amerika Serikat (AS) pada 2002. Di sana, dia menjadi pemain sekaligus pelatih di Orange County Badminton Club karena tidak ada Tim Nasional (Timnas) Bulu Tangkis Amerika Serikat.

Baca Juga: Congrats! Rahmat Erwin Raih Medali Emas dan Catat Rekor Dunia di Asian Games 2023

Tony Gunawan pun tampil di berbagai kompetisi bergengsi, salah satunya Kejuaraan Dunia 2005. Duetnya bersama Howard Bach bahkan berbuah gelar juara usai mengalahkan pasangan Indonesia, Candra Wijaya/Sigit Budiarto, di partai puncak.

Pada 2011, Tony Gunawan kemudian berpindah kewarganegaraan. Dia menjadi warga negara AS. Tony kini menjadi pelatih kepala di Global Badminton Academy GBA di Amerika Serikat. Akademi bulu tangkis ini milik Tony sendiri. Sebuah pekerjaan yang ditekuninya sejak awal kepindahan ke Negeri Paman Sam pada 2001.

Saat ini Tony berfokus untuk membesarkan Akademi Bulu Tangkis miliknya untuk memberikan wadah bagi pemain AS berlatih bulu tangkis. Dia berharap bisa melahirkan pebulu tangkis hebat dari AS.

Baca Juga: 119 Atlet Sampang Siap Berbicara di Kancah Regional Jatim

Meski kini sudah berpindah kewarganegaraan, Tony Gunawan mengatakan tidak pernah mengkhianati Indonesia. Dia mengganti kewarganegaraannya karena urusan anak, pajak, dan lain-lain. Tony pun masih mencintai Indonesia. Dia bahkan selalu rindu dengan tanah kelahirannya itu.

Lewat duetnya dengan Candra Wijaya, Tony Gunawan pernah menduduki peringkat satu dunia. Selain medali emas Olimpiade Sydney 2000, Tony/Candra juga menjuarai Jepang Open 2007, Indonesia Open 2006, Korea Open 2006, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga: Gregoria Mariska Amankan Tiket Semifinal Malaysia Masters 2023

Selain bersama Candra Wijaya, Tony Gunawan juga pernah berpasangan dengan Halim Haryanto. Duet ini membuahkan gelar juara di turnamen Brunei Open 1998, Malaysia Open 1998, Singapore Open 2001, All England 2001, Kejuaraan Dunia 2001, dan masih banyak lagi lainnya. Dsy16

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU