Peralihan Musim, Ning Ita Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 14 Mei 2023 15:42 WIB

Peralihan Musim, Ning Ita Ajak Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

i

Camat Prajuritkulon Riaji (kiri), Wali Kota MojokertoIka Puspitasari (tengah) dan Kadinkesppkb dr. Farida Mariana M.Kes (kanan). SP/ DWI

SURABAYAPAGI.com, Mojokerto - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari atau yang akrab disapa Ning Ita meminta kader motivator kesehatan untuk selalu mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, terutama pada peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau, begitupun sebaliknya.

Hal tersebut ia sampaikan dalam forum monitoring dan evaluasi serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) tahun 2023 se-Kecamatan Prajuritkulon, di Pendopo Kantor Kecamatan Prajurit Kulon, Jumat (12/05/2023).

Baca Juga: Tanam Tabebuya di Area Kolam Retensi, Pj Wali Kota: Sedekah Oksigen di Hari Sejuta Pohon

Kompak semangat kader motivator kesehatan Kecamatan Prajurit Kulon dalam monitoring dan evaluasi PSN-jen

"Terjadinya perubahan musim dan pergeseran cuaca yang kadang hujan, kadang panas ini lah yang harus menjadi perhatian kita semuanya, bahwa menjaga lingkungan bersih dan sehat itu sekarang harus setiap saat kita lakukan. Kita harus mengantisipasi potensi genangan air di sekitar lingkungan kita," ujar Ning Ita.

Adanya peningkatan kasus Demam Berdarah dari tahun 2021 ke tahun 2022 di Kota Mojokerto, Ning Ita mengajak seluruh kader motivator untuk lebih semangat mengajak seluruh masyarakat saling menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

Baca Juga: Cek Pemanfaatan Aset Daerah, Pj Wali Kota Ali Kuncoro Sidak 4 Lokasi

"Ditambah lagi tahun 2023, baru bulan Mei di Kota Mojokerto sudah ada enam kasus demam berdarah, saya minta tolong kita ikhtiar bersama-sama, kader motivator memotivasi warga untuk menjaga kebersihan, Pak lurahnya juga bisa menggerakkan warga untuk melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, itu juga penting," terangnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesppkb) Kota Mojokerto dr. Farida Mariana M.Kes juga mengajak seluruh masyarakat untuk membersihkan barang -barang yang berpotensi menimbulkan genangan air.

Baca Juga: Fix, Luas Lahan TPA Randegan Menjadi 5,6 Hektar Bulan Ini

"Gerakan ini harus cerdas bersama untuk menjaga kesehatan bersama, tolong barang-barang yang berpotensi membuat genangan air agar ditengkurapkan atau dibuang. Kemudian untuk sampah-sampah yang tidak berguna segera dibuang," kata dr. Farida.

Lebih lanjut dr. Farida juga meminta seluruh kader motivator kesehatan untuk lebih teliti dalam memeriksa jentik nyamuk tidak hanya di dalam rumah warga, namun juga di luar rumah. Mengingat potensi jentik nyamuk juga bisa berada di dalam rumah. Dwi

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU