Peran Perempuan DWP BKKBN Jatim dalam Bangun Ketahanan Keluarga

Acara Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur masa bhakti 2019-2024 dan Perayaan HUT DWP ke-21. SP/PATRIK CAHYO 

SURABAYAPAGI, Surabaya - Perempuan memiliki posisi strategis dalam membangun ketahanan keluarga. Khususnya seluruh anggota Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur bisa berperan aktif dan berkontribusi dalam pembangunan keluarga berkualitas.

Hal ini diungkapkan oleh Perwakilan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKKBN Pusat, Yanti Rizal Damanik pada acara Pengukuhan Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur masa bhakti 2019-2024 dan Perayaan HUT DWP ke-21 dengan tema “Peran Dharma Wanita Persatuan dalam pemberdayaan perempuan di era digital untuk mendukung terwujudnya ketahanan keluarga Indonesia,” digelar di ruang Lestari kantor Perwakilan BKKBN Jawa Timur.

Ketua DWP Provinsi Jawa Timur, Gardjati Heru Tjahjono mengatakan bagi Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Jawa Timur selaku istri Aparatur Sipil Negara (ASN) memberikan dukungan kepada suami dalam melaksanakan tugas dengan baik.

“Saya mengingatkan agar mengikuti aturan-aturan didalam AD/ART. Semoga Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur bisa lebih maju dan ikut mensukseskan pembangunan di Jawa Timur.”ujarnya

Ketua DWP Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Dra. Kunkun Dewi Kurniaty menyampaikan bahwa Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebagai organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia, memiliki peran strategis dalam pembangunan nasional.

“Pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat berat bagi seluruh komponen masyarakat, termasuk DWP sebagai organisasi. Tetapi semangat DWP terus maju dan secara aktif serta produktif demi ketahanan keluarga walaupun pandemi masih ada. Apapun kondisi yang kita alami, tetap semangat. Seluruh pengurus DWP, Jayalah Dharma Wanita Persatuan. Teruslah berperan dalam pemberdayaan perempuan dan menjadi inspirasi bagi sesama,”terang Dewi.

Dewi menjelaskan di era digital peran DWP merupakan kunci sebagai upaya mendukung terwujudnya ketahanan keluarga Indonesia. Peran DWP dimulai dari keluarga, seorang wanita dalam keluarga yang merupakan kunci utama keberhasilan keluarga.

“Selain menjadi kunci keberhasilan keluarga, DWP harus mampu membina anggota dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan, serta dapat meningkatkan kepedulian sosial guna kemajuan BKKBN, membina mental dan spiritual untuk menjadi istri ASN yang bertakwa pada Tuhan YME dan berbudi pekerti luhur melalui program pendidikan, ekonomi, sosial dan budaya,” jelasnya.

Dalam pengarahan dan pembukaan acara Pengukuhan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sukaryo Teguh Santoso mengucapkan selamat atas pengukuhan DWP Perwakilan BKKBN Jatim.

“Kami ucapkan selamat kepada Ibu Ketua dan Pengurus Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur yang baru saja dikukuhkan sebagai Pengurus Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur Masa Bhakti 2019 – 2024.

Dengan dikukuhkannya Pengurus Dharma Wanita Persatuan Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, diharapkan dapat turut mendukung mensukseskan program Bangga Kencana kedepannya melalui karya nyata secara mandiri,” ujar Teguh.

Pria asal Pekalongan ini menambahkan keberadaan Ibu-ibu Pengurus Dharma Wanita Persatuan dapat menjadi sarana edukasi dan informasi, tidak hanya bagi keluarga namun juga lingkungannya. Hal ini terutama sebagai sarana edukasi bagi remaja dalam menjalani kesehariannya para ibu dalam masa kehamilan dan membesarkan buah hatinya.

“Ada nilai luhur yang dianut semua anggota Dharma Wanita yaitu Panca Dharma,” ujarnya.

Peran Dharma Wanita Persatuan didalam keluarga adalah mendampingi suami, dan mengurus kebutuhan keluarga. “Bisa mengelola keuangan keluarga dengan baik dimasa pandemi. Kebutuhan pokok dan kebutuhan yang mencukupi asupan gizi itu yang harus terpenuhi. Dan menjaga kestabilan emosi antara suami dan istri, dimana sebuah dibicarakan bersama,” pungkasnya.

Dalam rangkaian peringatan HUT DWP ke-21 juga diselenggarakan lomba Fashion Show bagi seluruh anggota DWP dan Karyawan/Karyawati Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur. Terpilih menjadi Juara 1 lomba Fashion Show adalah Aulia Dikmah Kiswahono, anggota bidang sosial dan budaya DWP BKKBN Jatim yang sehari-hari bekerja sebagai Humas Perwakilan BKKBN Jatim. Pat