Perangi Sampah, Pemdes Balongbendo Bangun TPS

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Nov 2023 19:05 WIB

Perangi Sampah, Pemdes Balongbendo Bangun TPS

i

Bangunan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Desa Balongbendo.

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Permasalahan sampah di desa - desa ternyata masih menjadi polemic yang cukup serius. Hal itu diakibatkan minimnya Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Untuk mengatasi sampah yang kian hari tidak terkelola dengan baik tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes) Balongbendo Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo telah merealisasikan pembangunan TPS menggunakan sumber anggaran dari dana Bantuan Keuangan (BK) Kabupaten Sidoarjo.

“Adanya TPS bertujuan untuk menjaga lingkungan agar semakin bersih, indah serta membiasakan masyarakat untuk hidup sehat," ujar H Sumanto, Kepala Desa Balongbendo, saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (28/11/2023).

Baca Juga: Gus Muhdlor Raih Penghargaan Pengelolaan Zakat Terbaik dari Baznas RI

Sebelumnya, kata dia, sampah rumah tangga tidak terkelola dengan baik sehingga banyak sampah berserakan dimana - mana yang dikwatirkan dapat berdampak pada timbulnya penyakit. Setelah adanya TPS, masyarakat setempat tidak lagi membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Perbaikan Sekolah Rusak Terdampak Bencana Alam Jadi Prioritas

"Karena ada petugas yang mengambil sampah disetiap rumah - rumah warga,” ujarnya.

Kades Sumanto, juga menerangkan bahwa, dengan di bangunya TPS tersebut diharapkan lingkungan desanya tidak lagi terlihat kumuh, serta masyarakatnya bisa terhindar dari penyakit yang ditimbulkan akibat tumpukan sampah yang berserakan.

Baca Juga: Curanmor di Sidoarjo Juga Sasar Kos-kosan

“Untuk menggaji petugas sampah, kita buat iuran warga dengan tiga kategori, kelas satu, kelas dua, dan kelas tiga. Dimana kelas tersebut menentukan kemampuan kecil atau besarnya iuran mereka," pungkasnya. jum

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU