Peras Kades, LSM Gadungan Dipolisikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 13 Jan 2021 20:38 WIB

Peras Kades, LSM Gadungan Dipolisikan

i

Pelaku saat menjalani pemeriksaan usai diamankan dalam kasus pemerasan.

 

SURABAYAPAGI.COM, Tuban  - Anggota Lembaga Swadaya (LSM) gadungan pelaku pemerasan terhadap seorang Kepala Desa (Kades) diamankan Petugas kepolisian dari Polsek Jenu, Polres Tuban, Rabu (13/1).

Baca Juga: Korban Gempa di Bawean dan Tuban Terima Bantuan

Pria yang ditangkap polisi tersebut diketahui bernama Djoko Joewono (54), seorang residivis yang tinggal di Kelurahan Kebonsari Gang 1, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. Kini pelaku sudah diamankan dan dilakukan pemeriksaan di Polsek Jenu, Polres Tuban untuk proses lebih lanjut.

Penangkapan itu berawal saat petugas Polsek Jenu mendapatkan laporan dari masyarakat. Yang mana pelaku telah beberapa kali mendatangi korban dan yang pertama kali pelaku berniat mengantarkan proposal kepada korban.

“Kasus ini bermula saat pelaku ini mendatangi korban yang merupakan Kades (Kepala Desa) Mentoso. Awalnya pelaku ini datang bertiga dan mengajukan proposal kepada Kades,” terang AKP Rukimin, Kapolsek Jenu, Polres Tuban.

Baca Juga: Ditinggal Shalat Tarawih, Kandang Sapi di Tuban Hangus Terbakar Gegara Bediang

Setelah pertemuan pertama itu, pelaku yang dugaan pemerasan itu kemudian kembali menemui Kades dengan datang sendirian dan saat itu ia meminta uang kepada Kades dan diberikan uang sebesar Rp 1 juta.

Selang beberapa waktu kemudian, pelaku kembali meminta uang sebesar Rp 5 juta, jika tidak diberi pelaku mengancam akan membuka rahasia terkait jabatannya korban sebagai kades.

Baca Juga: Kemenag: Kabupaten Tuban Dapat Urutan Pertama Keberangkatan Haji 2024

Setelah diberikan uang sebesar Rp 5 juta dengan cara ditransfer, pelaku kembali meminta uang dengan alasan yang tidak masuk akal. Merasa diperas, akhirnya kades melaporkan kejadian itu ke pihak kepolisian dan pelaku berhasil diamankan.

“Berdasarkan adanya laporan dari masyarakat itu pelaku berhasil kita tangkap tadi malam di rumahnya. Kasus ini masih kita dalami, diduga masih ada korban lain. Pelaku juga residivis di Kabupaten Trenggalek,” pungkasnya. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU