Perawatan Jalan PU Bina Marga Pasuruan Hampir selesai 100% pada Juli Ini

Salah satu jalan di kabupaten Pasuruan yang telah diperbaiki. SP/Her

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Bina Marga kabupaten Pasuruan telah merampungkan program perawatan jalan hampir di seluruh kabupaten Pasuruan. Perbaikan jalan utama, jalan poros industri dan jalan desa yang mengalami kerusakan parah hingga sedang tengah dibenahi dan saat ini progresnya mencapai hampir 90 persen.

Melansir keterangan Sekretaris PU Bina Marga Eko Bagus  di ruang kerjanya mengatakan, jumlah jalan rusak yang akan dibenahi pada  tahun ini ditambah sebelumnya ada 45 titik jalan. Semuanya memakai anggaran Dana Alokasi Umum (DAU).

“Adapun bentuk perubahan APBD 2020 salah satunya rehab dan peningkatan jalan  bersumber dana dari DAU. Sesuai dengan draf yang ditentukan team lapangan. Tak lebih dari 23 titik baru jalan rusak yang akan dibenahi,” ujarnya kepada Surabaya Pagi, Selasa (13/7).

“Juga ada dana anggaran tambahan dari DBHCHT atau pun program hibah jalan daera PJHD yang  kita ketahui. Selaku pejabat PU Bina Marga akan melaksanakan program dengan baik dan semampu mampunya,” imbuhnya.

Merinci berbagai data dana perawatan jalan se kab Pasuruan total Rp 13 miliar,  tetapi jumlah tersebut naik pada P APBN 2020 hingga  Rp 4,5 miliar   dan anggaran pembenahan dialokasikan hingga Rp 8,7 miliar

Masih dalam penjelasan pak Sekretaris Eko Bagus, seperti perawatan jalan Gondang Legi sampai Pandaan, Martapura dan Kucur dan sejumlah jalan lainnya, untuk pelaksanaan perawatan jalan 5 diantaranya dikerjakan kontraktor, sisanya dikerjakan Pu Bina Marga sendiri.

“Sebagai pelaksanaannya material aspal menggunakan aspal yang bagus  juga ada yang  menggunakan material paving tergantung kebutuhan,” ungkap Eko Sekretaris Pu Bina Marga di kantor kerjanya.

Warga desa Wonokoyo berterima kasih atas perbaikan jalan tersebut. “Terima kasih atas  perbaikan jalan,  kami sangat senang,   jalan sudah baik. Tidak berlubang dan tidak ada pengguna jalan yang berjatuhan. Semoga PU Bina Marga juga melakukan perawatan se Kab Pasuruan dengan baik,” tutur salah satu warga. her