Perayaan Pesta Halloween Itaewon Berujung Tragis, 151 Orang Tewas di Gang sempit

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 30 Okt 2022 10:24 WIB

Perayaan Pesta Halloween Itaewon Berujung Tragis, 151 Orang Tewas di Gang sempit

i

Lokasi tragedi Halloween Itaewon di Seoul, Korea Selatan. Foto:AFP/Jung Yeon-Je

SURABAYAPAGI.COM, Itaewon - Tragedi nahas terjadi di Itaewon, Korea Selatan saat perayaan pesta Halloween pada Sabtu (29/10/2022) malam waktu setempat. Pesta Halloween Itaewon berubah mencekam setelah kerumuman besar memadati gang di kawasan kehidupan malam ibu kota Korea Selatan, Seoul, tersebut.

Hingga pagi ini, setidaknya 151 orang tewas ketika para pengunjung membludak di gang sempit di distrik Itaewon itu. Sebagian besar korban tewas di tragedi Halloween Itaewon adalah remaja berusia 20-an tahun dan dewasa muda. Dari korban yang meninggal, 19 orang merupakan orang asing yang berasal dari Iran, Uzbekistan, China, dan Norwegia.

Baca Juga: Annyeong Uaena, IU Bakal Konser 2 Hari di Indonesia, Simak Jadwal dan Harga Tiketnya

Kepala pemadaman kebakaran Yongsan, Choi Seong Beom mengatakan 97 orang yang tewas merupakan perempuan dan 54 orang berjenis kelamin laki-laki. Proses identifikasi juga terus dilakukan hingga saat ini.

Selain itu, sebanyak 82 orang mengalami cedera dan saat ini mendapatkan penananganan medis di sejumlah rumah sakit di kota Seoul. Setelah kejadian tersebut, sebanyak 355 laporan hilang masuk ke pemerintah Seoul. Guna menangani insiden tersebut, sebanyak 848 personel termasuk 346 petugas pemadam kebakaran dikerahkan.

Baca Juga: Drakor 'Marry My Husband' Kena Boikot Penonton Gegara Kasus Park Min Young dan Mantan Kekasih

Video-video di media sosial menunjukkan ratusan orang memadati gang sempit dan miring, mereka tidak bisa bergerak ketika petugas darurat dan polisi berusaha mengeluarkannya. Petugas pemadam kebakaran dan saksi mata mengungkapkan, orang-orang terus berduyun-duyun ke gang sempit yang sudah penuh sesak.

Ketika orang-orang di atas jalan yang miring itu jatuh, kerumunan di bawah mereka terguling-guling menimpa satu sama lain. Choi menuturkan bahwa semua korban tewas kemungkinan besar akibat terhimpit di satu gang sempit itu.

Baca Juga: RM BTS dan Karina AESPA Dirumorkan Berkencan Gegara So!YoON!, Netizen: Gak Masuk Akal...

Sebagaimana diketahui, Distrik Itaewon populer di kalangan anak muda Korea Selatan dan ekspatriat, puluhan bar dan restorannya pada Sabtu (29/10/2022) dihias untuk Halloween setelah finansialnya mengalami penurunan tajam selama tiga tahun pandemi.

Warga yang bersuka ria membanjiri distrik klub malam Itaewon untuk menikmati perayaan Halloween pertama di Seoul dalam tiga tahun setelah Korsel mencabut pembatasan Covid-19 dan social distancing. itw

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU