Perbaikan 3 Ruas Jalan di Kota Batu Ditarget Selesai Sebelum H-3

Ilustrasi jalan rusak

 

SURABAYAPAGI.COM, Batu - Jalan rusak masih menjadi permasalahan sejumlah daerah di Jatim, salah satunya di kota Batu. Dari informasi yang didapat, tiga ruas jalan di Kota Batu akan diperbaiki oleh pemerintah setempat jelang lebaran 2021.

Adapun tiga ruas jalan yang diperbaiki diantaranya jalur kawasan Jalibar menuju jalan Abdul Gani atas, jalur penghubung daerah Wukir ke Desa Torongrejo dan jalur penghubung Desa Giripurno menuju Pandanrejo.

Kabid Bina Marga, DPUPR Kota Batu Dian Fachroni mengatakan panjang ruas jalan yang diperbaiki memiliki panjang yang bervariasi. Misalnya saja kawasan Wukir ke Desa Torongrejo sepanjang 1,7 kilometer, jalur dari Desa Giripurno ke Pandanrejo sepanjang 3,3 kilometer, lalu kawasan Jalibar menuju ke Jalan Abdul Ghani atas sepanjang 6 kilometer.

Ia menambahkan, pengerjaan telah dilakukan sebelumnya dan ditagertkan H-3 lebaran semua pengerjaan telah rampung.

 "Perbaikan jalan berlubang ini hampir selesai. Ini hanya perbaikan jangka pendek. Target kami H -3 lebaran harus sudah selesai,” paparnya, Minggu (25/4/2021).

Perbaikan itu dilakukan agar pengguna jalan bisa melintas dengan aman dan nyaman. Terutama saat menjelang Lebaran 2021, diprediksi banyak orang akan berlalu-lalang.

"Kami perbaiki agar keamanan lalu-lintas pada Lebaran nanti terjamin. Pengerjaan ini kami kebut. Ada tiga tim yang kami kerahkan setiap harinya,” terangnya.

DPUPR menganggarkan hingga Rp 800 juta untuk perbaikan jalan. Perbaikan yang dilakukan tersebut masuk dalam program pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan DPUPR Kota Batu 2021.

Secara keseluruhan, DPUPR Kota Batu siapkan anggaran Rp 25 miliar untuk pemeliharaan jalur di seluruh Kota Batu.

“Ruas ini kami anggarkan dalam proses lelang untuk overlay reguler juga," ujarnya.