Percepat Herd Immunity, Serbuan Vaksinasi akan Masif Digelar

Vaksinastor sedang menyuntikan vaksin kepada masyarakat. SP/PR

SURABAYAPAGI, Surabaya –  Serbuan vaksinasi yang akan digelar secara masif di sejumlah titik di Kota Surabaya, untuk mempercepat herd immunity atau kekebalan komunal masyarakat. 

"Serbuan vaksinasi ini memang untuk mencapai herd immunity di Surabaya. Namun lebih jelasnya kami masih rapatkan lebih lanjut," kata Eri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu (4/8).

Ia menegaskan bahwa pihaknya bersama Gubernur Jatim, Pangdam V Brawijaya dan juga Kapolda Jatim sudah sepakat untuk mengejar herd immunity di Surabaya Raya dan Malang Raya.

"Jadi, kami bergerak bersama-sama," ujarnya.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji sebelumnya mengatakan vaksinasi COVID-19 jenis Sinovac dosis kedua yang sempat terhenti karena kehabisan stok, bisa terpenuhi pada Agustus ini setelah adanya kepastian dari Kemenkes.

"Kami meminta percepatan distribusi vaksin untuk warga Surabaya dimana menunggu suntikan dosis kedua," kata Wawali Surabaya Armuji.

Armuji mengatakan target sasaran vaskinasi di Kota Surabaya sebanyak 2.218.121 sasaran. Bersarkan data Ditjen P2P Kemenkes, Kota Surabaya menjadi 57 kabupaten/kota aglomerasi yang ditargetkan pada bulan Agustus 2021 mencapai 70 persen.

Untuk itu, Armuji mendorong percepatan distribusi untuk kota Surabaya mengingat menurut data terbaru ada sekitar 705 ribu warga Surabaya yang saat ini menunggu vaksinasi dosis kedua jenis Sinovac.

Selain itu, Armuji juga berharap agar kalkulasi rentang waktu distribusi hingga penyuntikan vaksin bisa menjadi pertimbangan oleh Kemenkes untuk menjamin terbentuknya antibodi kepada warga sasaran vaksinasi. Sb3/na