Percepat Pengembangan BMTH, Pelindo III Jalin MoU dengan TNI AL

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Mei 2021 10:35 WIB

Percepat Pengembangan BMTH, Pelindo III Jalin MoU dengan TNI AL

i

Pelindo III gandeng TNI AL dalam mempercepat pembangunan BMTH di Pelabuhan Benoa. SP/ Humas Pelindo III

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus berupa menyelesaikan proyek pembangunan Bali Maritime Tourism Hub (BMTH) di Pelabuhan Benoa, Bali.

Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan menggandeng Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal). 

Baca Juga: DJP Jatim 2 Gandeng Media untuk Tingkatkan Pencapaian Target Pajak

Direktur Utama Pelindo III, Boy Robyanto usai melakukan penandatangan MoU di Jakarta mengaku, kerjasama dengan Pushidrosal berkaitan dengan pendalaman alur laut dan pembaharuan peta alur di lingkungan kerja Pelindo III berikut dukungam proyek pengembangan Bali Maritime Tourism Hub (BMTH).

"Ini adalah sinergi yang baik untuk berkontribusi bagi negara, kami percaya bahwa Pushidrosal memiliki kompetensi yang memadai, baik dari sisi peralatan maupun dari sisi teknologi pendukung," kata Boy Robyanto dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Surabaya Pagi, Kamis (20/05/2021).

Adapun ruang lingkup kerja sama tersebut meliputi pemetaan alur pelayaran dan kolam pelabuhan, kegiatan survei serta pemetaan di wilayah kerja Pelindo III sesuai dengan pengembangan perusahaan.

"Kerja sama ini dilakukan sebagai salah satu upaya peningkatan layanan kami, sehingga ke depan mampu meningkatkan kinerja korporasi untuk menekan biaya logistik nasional," ucapnya

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

Sementara itu, Komandan Pushidrosal, Laksamana Madya Dr. Agung Prasetiawan, M.A.P mengaku, kerja sama itu merupakan tindak lanjut dari Nota Kesepahaman yang sebelumnya telah terjalin antara Kementerian BUMN dan TNI pada 2018 lalu.

"Sebelumnya kami juga telah melaksanakan kerja sama dengan BUMN maupun Pelindo III, hubungan yang sinergis antara TNI AL dan Pelindo III adalah untuk mendukung keselamatan pelayaran dan pelayanan lalu lintas kapal di pelabuhan melalui update peta laut Indonesia dan publikasi nautika," kata Agung Prasetiawan

Diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan bangsa Indonesia khusunya dalam hal pembangunan BMTH.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

"Kami berharap kerjasama ini dapat membawa kemajuan bersama, dan kami akan mendukung penuh sesuai dengan kompetensi kami kepada para personil Pushidrosal," pungkasnya

Sebagai informasi, Pelindo III menargetkan tujuh paket pembangunan BMTH dapat selesai hingga akhir 2021, sehingga tahun ini akan ada 10 tahapan pekerjaan yang dirampungkan.

Pembangunan tahap pertama dan kedua sendiri telah selesai dikerjakan. Pembangunan tersebut berupa pengerukan tahap satu untuk alur pelayaran menuju Pelabuhan Benoa dan pendalaman kolam pelabuhan di area dekat dermaga. Kemudian, pembangunan pintu gerbang pelabuhan dan perluasan terminal penumpang internasional juga sudah selesai dilakukan. Sem

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU