Percepat Vaksinasi Lansia, TNI Polri Buka Layanan Door to Door

Petugas saat menyunting vaksin ke lansia di Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Target herd immunity terus digaungkan di Lamongan. Salah satunya membentengi masyarakat dari ancaman serangan covid-19, dengan percepat vaksinasi. Kali ini sasarannya masyarakat lansia. Prajurit TNI Polri di Lamongan ini  sampai membuka layanan door to door ke masyarakat langsung.

Layanan door to door  dengan menggunakan mobil ambulance ini seperti disampaikan oleh Danramil 0812/01 Kota Lamongan,  Kapten Cku Yanto Budi, untuk membudayakan para lansia untuk mendapatkan vaksin. "Ini cara kita jemput bola dan door to door untuk memudahkan para lansia mendapatkan vaksin," ujarnya Minggu  (26/09/2021).

Layanan ini juga kata Danramil Lamongan ini,  untuk mempercepat capaian vaksinasi lansia. Selain itu, memberikan layanan kemudahan bagi mereka para lansia yang kesulitan atau keterbatasan menuju akses sentral yang selama ini disediakan Puskesmas.

Sementara kata Danramil, kegiatan vaksinasi secara"door to door" ini dilakukan oleh petugas kesehatan bersama TNI Polri dengan dibantu kader kesehatan, RT/RW. "Cara kita dengan door to door ini sangat membantu dan pihak desa juga terbantu," terangnya.

Untuk mendapatkan data para lansia itu, prajurit TNI Polri ini mengaku berasal dari Puskesmas dan kader kesehatan. "Mereka para lansia tidak usah datang ke layanan kesehatan di Puskesmas, cukup mereka di rumah petugas akan datang," jelasnya.

Ia dalam kesempatan itu mengajak masyarakat  semua berperan aktif dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 dengan taat dan patuh melaksanakan protokol kesehatan. "Semoga dengan vaksinasi ini mampu menciptakan herd immunity, yang tentunya akan sangat berpengaruh dengan kekebalan sistem tubuh kita terlebih pada masa pandemi ini," terangnya.

Karena dengan adanya vaksinasi ini lanjutnya, semoga covid 19 segera hilang dan kegiatan aktivitas masyarakat bisa berjalan dengan lancar. "Tetap terapkan prokes dalam menjalankan aktivitasnya, salah satunya adalah jangan takut untuk divaksin," pungkasnya. jir