Peringati Hari Anak Nasional, Dikbud Kota Mojokerto Gelar Lomba APE

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Mei 2022 09:33 WIB

Peringati Hari Anak Nasional, Dikbud Kota Mojokerto Gelar Lomba APE

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto- Pada Era digitalisasi dan Literasi kali ini, mendorong semua pihak mampu beradaptasi. Tak terkecuali pada lembaga Pendidikan Usia Dini (PAUD) Kota Mojokerto.

Untuk menfasilitasi hal tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto menggelar lomba Alat Permainan Edukasi (APE), sabtu 21/5/2022.

Baca Juga: Dorong Daya Beli Masyarakat, Kejaksaan dan Pemkot Mojokerto Sinergi Gelar Bazar Sembako Murah

Event ini sekaligus memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022.

Amin Wachid Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto saat dikonfirmasi menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas guru PAUD.

“Para guru PAUD diharapkan dapat memiliki kreativitas dalam memberikan materi ajar kepada peserta didiknya” tandas Amin.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi numerasi pada anak-anak usia dini dengan pengenalan melalui alat permainan edukasi yang dibuat secara sederhana, dengan menggunakan bahan bekas.

Baca Juga: Terciduk Edarkan Pil Double L 1.600 Butir, Dua Pemuda di Mojokerto Berhasil Diamankan

Dengan kreativitas guru PAUD alat tersebut bisa dipergunakan untuk model pembelajaran bagi anak-anak usia dini, lanjutnya.

Teknis dalam lomba ini mengedepankan kebersamaan, seperti yang dijelaskan oleh Goenawati Estiningdyah Kabid Paud dan Pendidikan Non Formal pada Dikbud Kota Mojokerto bahwa semua bahan disiapkan oleh peserta dengan terbagi masing-masing wilayah Kecamatan.

Contohnya bekas botol air mineral ukuran kecil dan besar, kardus bekas dan kaleng bekas. Saat pelaksanaan lombapun dengan cara diundi sehingga setiap peserta harus siap menciptakan inovasi dan kreativitas sesuai dari bahan yang ada.

Baca Juga: Pasar Takjil Ketidur, Upaya Pj Wali Kota Ali Kuncoro Promosikan Aneka Kuliner Kota Mojokerto

“Hasil karya APE yang dinilai adalah APE untuk anak usia 2-4 tahun, mengandung nilai ekonomis layak jual, inovatif, kuat, tahan lama dan aman digunakan untuk Anak Usia Dini” terangnya.

Hasil penilaian yang betempat di ruang terbuka belakang kantor Dikbud Jl.Benteng Pancasila Kota Mojokerto, dewan juri menetapkan Juara 1 diraih KB Aulia , Juara 2 KB Aisyah 08, Juara 3 diraih TPA Ar Rosyid. Adapun Juara Harapan 1, 2 dan harapan 3 secara berurutan diraih oleh KB Seruni, KB Pelangi dam KB Darul Huda. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU