Peringati Hari Ibu, Warga Binaan Sungkem Basuh Kaki Orang Tua

Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengadakan acara memperingati Hari Ibu yang bertempat di depan Masjid Al Hidayah Polres Tanjung Perak Surabaya, Selasa (22/12).SP/MAHBUB FIKRI

SURABAYAPAGI, Surabaya - Telah menjadi tradisi di Indonesia setiap tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu. Genap pada tahun ini Hari Ibu telah memasuki usia 92 tahun.

Sejarah Hari Ibu di Indonesia dimulai pada tahun 1928. Saat itu untuk pertama kalinya diadakan Kongres Perempuan Indonesia. Kongres ini digelar di Dalem Jayadipuran, Yogyakarta pada 22-25 Desember.

Dalam rangka memperingati Hari Ibu yang ke-92 tersebut Polres Pelabuhan Tanjung Perak mengadakan acara memperingati Hari Ibu yang bertempat di depan Masjid Al Hidayah Polres Tanjung Perak Surabaya, Selasa (22/12).

IMG-20201222-WA0021_1

Acara yang dihadiri oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum S.si, M.H beserta Kapolsek jajaran Polres Tanjung Perak berjalan dengan tertib dan haru. Keharuan saat acara berlangsung disebabkan konsep acara yang menghadirkan orang tua beserta warga binaan Polres yang berlutut membasuh kaki dari orang tua masing-masing hingga melakukan Sungkem.

"Kegiatan kita hari ini ialah membasuh kaki ibu dari para tersangka kami di Rutan Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Tujuan dari kegiatan ini adalah bagaimana nantinya dari lubuk hati yang terdalam mereka bisa berbakti kepada orang tua dan berguna untuk nusa dan bangsa," ucap Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

IMG-20201222-WA0009_1

Sementara itu salah satu orang tua dari warga binaan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Indah Hindarsih menyampaikan terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk hadir pada peringatan Hari Ibu kali ini, Indah mengatakan semoga peringatan Hari Ibu ini bisa menjadi titik balik anaknya menjadi lebih baik dan bisa lebih berguna untuk masyarakat.

"Untuk ibu-ibu yang anaknya ada di sini semoga diberi kesabaran dan ketabahan, semoga kelak menjadi manusia yang lebih baik lagi, kejadian ini semoga memberikan dampak penyesalan kepada mereka dan bisa berbuat hal yang positif," ungkapnya.

Di akhir acara Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak memberikan Cinderamata kepada orang tua warga binaan. fm