Peringati Hari Kartini, Karyawati Pemkab Mojokerto Ikuti Apel Bersama Pakai Kebaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 21 Apr 2022 10:58 WIB

Peringati Hari Kartini, Karyawati Pemkab Mojokerto Ikuti Apel Bersama Pakai Kebaya

i

Memperingati Hari Kartini, seluruh karyawati Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengikuti apel pagi bersama memakai baju kebaya.

SURABAYA PAGI COM, Mojokerto - Memperingati Hari Kartini, seluruh karyawati Pemerintah Kabupaten Mojokerto mengikuti apel pagi bersama memakai baju kebaya. Tidak seperti biasanya, mereka berdiri dibarisan paling depan, sedangkan semua karyawan pemkab tetap memakai pakaian dinas pada hari itu menempati baris di belakang karyawati.

Apel dipimpin oleh Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati di halaman Kantor Pemkab Mojokerto, Kamis (21/4/2022) pagi. Dalam sambutannya, pemimpin perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini mengatakan apel ini sangat istimewa karena khusus pada hari ini seluruh karyawati di lingkungan Pemkab Mojokerto mengenakan busana nasional dan berdiri tegak dengan anggunnya.

Baca Juga: Cegah Penyebaran DBD, Pemkab Mojokerto Gelar Fogging Serentak

"Seluruh Bapak-bapak Kepala Perangkat Daerah pun menunjukkan dukungan yang luar biasa dengan kesediaan mengenakan pakaian adat pada apel pagi hari ini," ungkapnya. Selain mengutip sejarah singkat RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita, Ikfina juga menyoroti salah satu fenomena yang hangat menjadi perbincangan publik terkait isu kesetaraan gender.

Ia menyebut, di Indonesia kesenjangan gender dalam kehidupan publik dan politik masih menjadi tantangan yang terus dihadapi hingga saat ini karena minimnya keterlibatan perempuan dalam aktivitas publik dan politik.

"Dan rendahnya angka keterwakilan perempuan dalam birokrasi atau parlemen, maka akan berpengaruh terhadap penentuan kebijakan terkait kesetaraan gender sehingga belum mampu merespon masalah utama yang dihadapi oleh perempuan," tegasnya.

Masih kata Ikfina, banyak sekali isu perempuan di masyarakat yang harus diangkat dan diperjuangkan. Antara lain terkait kesehatan perempuan, KDRT, perlakuan diskriminatif terhadap pekerja perempuan dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Lomba Video Kartinian Antar OPD Pemkot Mojokerto Berlangsung Seru, Ini Tanggapan Mas Pj Ali Kuncoro!

"Maka dari itu, peran perempuan khususnya kita yang saat ini diberikan amanat sebagai abdi negara dan abdi masyarakat sangat dibutuhkan untuk bisa menjawab dan memberikan solusi atas isu-isu tersebut bagi masyarakat Kabupaten Mojokerto," harapnya.

Tak hanya itu, Ikfina juga menegaskan peringatan Hari Kartini bukanlah sekedar memperingatinya dengan menggunakan pakaian kebaya. Namun hal mendasar adalah bagaimana bisa memetik makna dari perjuangan sosok RA Kartini terhadap kaum wanita.

"Salah satu tulisan RA Kartini yang sangat kita kenal yaitu 'Habis Gelap Terbitlah Terang', dimana salah satu kutipan didalamnya berisi pesan khusus kepada wanita untuk berpikiran positif, menanamkan dalam diri kita bahwa kita mampu untuk mengalahkan rasa susah, berat dan takut yang berada dalam diri kita, yakin bahwa kita bisa," cetusnya.

Baca Juga: Perbedaan Jokowi dan Muhaimin, Peringati Hari Kartini

Dalam sambutan terakhirnya, ia mengajak seluruh ASN di lingkungan Pemkab Mojokerto untuk meneruskan perjuangan dan cita-cita RA Kartini dengan cara-cara yang positif.

"Salah satunya dengan meningkatkan kualitas diri menjadi pribadi ASN yang berpendidikan, berkelas dan berkualitas serta menunjukkan integritas, profesionalitas dan pengabdian bagi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Mojokerto," pungkasnya.

Sekedar informasi, selain diikuti seluruh karyawan dan Karyawati Pemkab Mojokerto, apel peringatan Hari Kartini ini juga di ikuti Sekdakab Mojokerto, Teguh Gunarko dan seluruh Kepala OPD. Dalam apel istimewa ini, Bupati juga secara khusus memberikan kado kepada sejumlah karyawati berprestasi dan menginspirasi di lingkungan Pemkab Mojokerto. Dwi/adv

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU