Peringati Hari Pramuka, Kwarcab Kota Mojokerto Santuni Puluhan Anak Yatim

Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto saat memberi santunan kepada anak yatim di puncak peringatan hari pramuka ke-60. SP/Dwy AS

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Raut sumringah terlihat di wajah puluhan anak yatim Kota Mojokerto. Pasalnya, mereka diundang secara khusus ke Rumah Dinas Wali Kota Mojokerto untuk menerima santunan uang dan perlengkapan sekolah dari Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Mojokerto, Supriyadi Karima Syaiful.

Pemberian santunan ini merupakan bagian dari puncak Peringatan Hari Pramuka ke-60 tahun 2021 Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur dengan tema "60 Tahun Pramuka Berbakti Tanpa Henti".

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto, Supriyadi Karima Syaiful mengatakan banyak agenda kegiatan yang dilaksanakan Kwarcab Kota Mojokerto dalam memperingati HUT Pramuka. 

Diantaranya, mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke- 60 Pramuka Se Jawa Timur secara virtual dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Daerah Jatim di Ruang Rapat Sabha Pambojana, Rumah Rakyat, Kota Mojokerto, Minggu (15/8/2021). 

Tampak hadir, Wakil Wali Kota Mojokerto, Ahmad Rizal Zakaria, Wakil Ketua Bina Muda Kwarcab Pramuka Kota Mojokerto, Amin Wachid dan perwakilan dari Polres Kota Mojokerto serta Kodim 0815 Mojokerto. 

Selain itu, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Mojokerto juga menggelar kegiatan 60 Tahun Pramuka Berbakti Tanpa Henti dengan berbagi kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan.

"Tadi kita memberi santunan uang dan  alat perlengkapan sekolah kepada anak-anak yatim. Ini sebagai bentuk cinta dan perhatian terhadap anak-anak yang membutuhkan bantuan kita," ujarnya.

Suami dari Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari ini menyebut, Kwarcab Kota Mojokerto tidak ditunjuk Kwarda Jatim menjadi salah satu daerah yang menggelar vaksinasi Covid-19 massal dalam rangka memperingati HUT Pramuka. Ini lantaran capaian vaksinasi Kota Mojokerto sudah melebihi level tertinggi yang ditetapkan oleh Pemprov Jawa Timur.

"Dalam laporan Kwarda Jatim tadi  sudah dilaksanakan 60 vaksinasi di 60 titik di Jawa Timur untuk membantu percepatan vaksinasi pemerintah hari ini. Dan kita tidak menjadi daerah sasaran, lantaran capaian vaksinasi kita sudah tertinggi se- Jatim," ujarnya bangga.

Supriyadi mengatakan, data dari Satgas COVID-19 Jatim per hari ini, secara persentase, Kota Mojokerto menjadi daerah dengan capaian vaksinasi dosis pertama tertinggi, yakni 98,43 persen. Untuk dosis kedua di Kota Mojokerto, sudah mencapai 41,27 persen.

"Alhamdulillah Kota Mojokerto menjadi satu dari dua daerah di Jawa Timur yang telah mencapai herd immunity. Ini karena capaian vaksinasi kita sudah hampir mendekati 100 persen," tukasnya.

Masih kata Supriyadi, Kwarcab Kota Mojokerto sebelumnya juga ikut ambil bagian dari kegiatan ziarah serentak se-Jatim ke makam tokoh Pramuka, pada tanggal 8 Agustus 2021 lalu.

"Sebanyak 15 orang dari unsur Andalan, DKC , BP13.35 kita libatkan dalam ziarah ke makam Ki. H. Poerwa Admadja di makam panjang Losari Mojokerto," tukasnya.

Tak hanya itu, Kwarcab Kota Mojokerto juga melakukan giat upacara ulang janji dan renungan Hari Pramuka ke- 60 di Sanggar Pramuka Kwarcab Kota Mojokerto, Jumat (13/8/2021) malam.

"Acara ini kita gelar secara offline dan virtual diikuti oleh perwakilan unsur Andalan, Kamabiran, Ka.Kwarran DKC, BP13.35, kamabigus SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA, Pembina Pramuka Se Kota Mojokerto dengan menggunakan media sosial diantaranya Google Meet, live Youtube, live Facebook dan live IG," pungkasnya. Dwy