Peringati Harkannas, DKP Pemprov Jatim Gelar Seminar dan Pameran Ikan Hias

Acara seminar dengan tema “Go Budidaya! Dunia Dalam Genggaman”

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Memperingati Hari Ikan Nasional (Harkannas), Pemprov Jatim melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) menggelar serangkaian acara yang menarik dan juga menambah wawasan.

Acara ini digelar mulai 23 November hingga 25 November 2021 dan sebagian besar rangkaiannya akan diselenggarakan di Dyandra Convention Center Surabaya.

Pada hari pertama Selasa (23/11/2021) Bidang Budidaya menggelar acara seminar dengan tema “Go Budidaya! Dunia Dalam Genggaman” dengan mengusung 2 topik pembahasan. Topik pertama yaitu, Bisnis Ikan Hias dan Pemberdayaan Ekonomi di Provinsi Jatim. Topik kedua adalah Mutiara dan Udang Kemilaukan Harapan Budidaya.

Acara yang dibuka oleh Kadis DKP Jatim  Dr. Ir. Dyah Wahyu Ermawati, MA.dalam sambutannya mengatakan, Dinas Kelautan dan Perikanan Jawa Timur mengajak kepada seluruh masyarakat untuk memanfaatkan peluang usaha di bidang perikanan khususnya budidaya ikan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, seperti udang (Vaname dan Windu), Ikan kerapu , ikan hias dan tidak menutup kemungkinan kita juga bisa mengembangkan kerang mutiara.

Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim telah memberikan dukungan yang cukup besar kepada semua lapisan masyarakat dan para stakeholder guna memfasilitasi dan memudahkan para pembudidaya dan pelaku usaha perikanan, diantaranya berupa bantuan hibah, pelayanan ijin usaha, pelatihan dan bimbingan teknis budidaya dll. Yang bertujuan untuk membantu dan menstimulan masyarakat untuk melakukan usaha di bidang budidaya ikan.

Acara yang pelaku usaha budidaya ikan dari beberapa kab/kota Jatim, juga 6 universitas di Surabaya yang hadir secara offline dan online ,juga diisi oleh beberapa narasumber.

Acara tersebut juga ada beberapa pameran ikan hias juga memamerkan budidaya lele-kolega keluarga.