Peringati HPN, Gus Yani dan Bu Min Ajak Wartawan Bagi-bagi Masker

Gus Yani dan Bu Min bersama Kapolres Gresik menunjukkan masker yang akan dibagikan kepada masyarakat. SP/ M. AIDID

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Pasangan Bupati dan Wabup Gresik terpilih Fandi Akhmad Yani dan Aminatun Habibah bersama kaum jurnalis memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dengan cara turun ke jalan membagikan masker kepada warga masyarakat yang melintas depan Balai Wartawan Gresik, Senin (8/2/2021).

Selain para jurnalis yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Gresik (KWG), Gus Yani dan Bu Min juga mengajak Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto, Dandim 0817 yang diwakili Kasdim Mayor Inf Sugeng Riyadi dan Kadinkes drg Saifudin Ghozali menyapa masyarakat dengan membagikan masker dan handsanitizer.

Usai bagi-bagi masker, selanjutnya digelar uji rapid test antigen kepada para jurnalis dan masyarakat secara gratis. Sebanyak 40 alat rapid disiapkan untuk tes imun yang dilakukan mendeteksi keberadaan antigen virus tertentu yang terjadi saat ini. 

Bupati Gresik terpilih Fandi Akhmad Yani mengatakan, karena masih dalam kondisi pandemi, seluruh elemen masyarakat harus bersatu-padu memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Pudak.

Pria yang akrab disapa Gus Yani ini menerangkan, disiplin protokol kesehatan harus terus dimasifkan. Apalagi, pemerintah tengah berupaya masif dengan melakukan program vaksinasi serta Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

"Para petugas di lapangan tak bosan-bosannya ajak masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan. Apalagi dalam kondisi PPKM, jadi prokes tetap harus dilakukan," terangnya, menambahkan.

Selain itu, mereka juga menyosialisasikan protokol kesehatan 5M meliputi memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas dan interaksi sosial ke masyarakat.

Sementara itu, Ketua KWG Syuhud Al-Manfaluty menjelaskan meski di tengah pandemi dalam peringatan HPN kali ini pihaknya menggelar sejumlah kegiatan. "Ini untuk menyambut HPN. Memang dikemas dengan sederhana namun tetap bermakna," terangnya.

Syuhud mengungkap sebagai awak media, organisasinya mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan berupaya menyajikan informasi yang mendukung upaya pemulihan ekonomi serta kebijakan lain.

"Jadi kita ikut membantu pemerintah yang berikhtiar menangani pandemi. Kami berharap pandemi segera berakhir sehingga ekonomi bisa berjalan dengan sediakala serta bangkit," tambah wartawan Harian Bangsa ini yang berkomitmen bersama TNI-Polri melawan pandemi Covid-19 di Gresik. did